Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Presiden Jokowi dan Presiden Halimah Sepakati 5 Kerja Sama Ini

Presiden Jokowi mengatakan ada dua hal besar yang dibahas dalam pertemuan dengan Presiden Halimah Yacob. Keduanya membicarakan kemajuan hubungan Indonesia-Singapura setelah Presiden Jokowi bertemu dengan PM Lee pada Oktober 2019. Selain itu, Presiden Jokowi dan Presiden Haliman membicarakan kerja sama investasi serta hubungan masyarakat.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 04 Februari 2020  |  14:47 WIB
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kanan) menerima kunjungan kenegaraan Presiden Singapura Halimah Yacob (kedua kiri) didampingi suami Mohammed Abdullah Alhabshee (kiri) di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020). -  ANTARA / Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kanan) menerima kunjungan kenegaraan Presiden Singapura Halimah Yacob (kedua kiri) didampingi suami Mohammed Abdullah Alhabshee (kiri) di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020). - ANTARA / Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo dan Presiden Singapura Halimah Yacob menyepakati 5 kerja sama terkait bidang ekonomi, budaya, keamanan, dan hubungan antarwarga negara.

Presiden Jokowi mengatakan ada dua hal besar yang dibahas dalam pertemuan dengan Presiden Halimah Yacob. Keduanya membicarakan kemajuan hubungan Indonesia-Singapura setelah Presiden Jokowi bertemu dengan PM Lee pada Oktober 2019. Selain itu, Presiden Jokowi dan Presiden Haliman membicarakan kerja sama investasi serta hubungan masyarakat.

“Saya juga mengajak Presiden Halimah untuk terus mendorong penguatan kerja sama pendidikan dan R&D, khususnya di bidang pelatihan vokasi,” kata Presiden Jokowi di Istana Bogor, Selasa (4/2/2020).

Jokowi menyatakan sangat puas dengan kemajuan kerja sama antara Singapura dan Indonesia. Satu yang telah ditandatangani usai pertemuan tersebut adalah perjanjian persetujuan penghindaran pajak berganda atau double taxation agreement (DTA).

Selain itu, kedua negara juga telah menyelesaikan perundingan dan menandatangani kerja sama penegakan hukum kepabeanan antara Ditjen Bea dan Cukai dengan Singapore Police Costguard. Hal ini utamanya untuk mencegah penyelundupan, perdagangan barang ilegal, dan kejahatan internasional lainnya.

Pertemuan tersebut juga menjadi simbol implementasi rising fellowship. Program ini berisi pelatihan kepada sejumlah kepala daerah dari Indonesia.

“Dan yang ke-4, telah disepakatinya perpanjangan repurchase agreement pada November 2019 antara Bank Indonesia dan Monetery Authority of Singapore, dan yang kelima realisasi dan penguatan kerja sama dalam pelatihan industri 4.0,” tambah Presiden Jokowi.

Pertemuan kedua presiden juga membahas kerja sama di bidang investasi dan pengembangan sumber daya manusia. Singapura tercatat sebagai negara dengan  investasi terbesar di Indonesia sejak 2014.

“Saya sangat menghargai komitmen Singapura untuk terus melanjutkan kerja sama investasi termasuk proyek infrastruktur di Indonesia,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Halimah Yacob baru pertama kali melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia. Besok, Rabu (4/2/2020), Presiden Halimah bersama delegasi akan mengunjungi Kementerian Perindustrian dan Yogyakarta.

Presiden Halimah dan Presiden Jokowi sepakat untuk melanjutkan hubungan baik dan memperkuat kerja sama pada masa yang akan datang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Indonesia-Singapura Halimah Yacob
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top