Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Merah Putih Berkibar di Filipina, Pelajar Indonesia Terharu

Kibaran bendera kebangsaan di negeri orang membuat banyak orang akan langsung terharu. Begitu pula yang dirasakan pelajar Indonesia di Filipina.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 05 Desember 2019  |  17:17 WIB
Merah Putih Berkibar di Filipina, Pelajar Indonesia Terharu
Kontingen Indonesia melakukan defile dalam pembukaan SEA Games 2019 di Philippine Arena, Bulacan, Filipina, Sabtu (30/11/2019). Pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara tersebut resmi dibuka dan akan berlangsung hingga 11 Desember 2019. - ANTARA/Nyoman Budhiana
Bagikan

Bisnis.com, MANILA - Kibaran bendera kebangsaan di negeri orang membuat banyak orang akan langsung terharu. Begitu pula yang dirasakan pelajar Indonesia di Filipina.

Meski sehari-hari menjalani hidup sebagai minoritas dengan budaya berbeda di negeri orang, pelajar Indonesia di Filipina merasakan Sea Games memberikan sensasi tersendiri.

Eva Calista adalah salah seorang pelajar Tanah Air yang menuntut ilmu di Filipina.

Gadis kelahiran Jakarta 12 November 1999 ini mengaku sangat senang ketika mendengar kabar bahwa pelaksanaan Sea Games 2019 digelar di negara tempat dia menempuh pendidikan tingginya.

Hal itu sekaligus menjadi momen menarik baginya, karena bisa berjumpa dengan saudara se-Tanah Air dan kembali menyatukan rasa emosional yang sempat terpendam.

"Seneng banget ketika tahu Sea Games dilaksanakan di Filipina, sebab bisa bertemu kakak-kakak Indonesia, jadi bisa ikut bantu-bantu," kata Calista yang menempuh pendidikan tinggi di Adventist University of the Philippines.

Calista pun langsung mengkoordinir rekan-rekannya yang tergabung dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Filipina untuk beramai-ramai membantu kontingen Indonesia yang sedang berjuang di negara tersebut.

"Mereka yang ikut dalam PPI ada yang bantu di dapur umum, gantian ada yang di Clark jadi translator, LO-nya NOC negara-negara serta ada juga yang menjadi reporter salah satu stasiun televisi swasta nasional," kata Calista.

Semangat juang rekan-rekan PPI dalam membantu kontingen Indonesia ini, diakui Calista, juga didasari adanya rasa senang bercampur haru, apalagi jika melihat bendera Indonesia berkibar menjadi nomor satu atau peraih emas.

"Kami sangat terharu ketika melihat bendera Indonesia di mana-mana, apalagi menjadi juara dalam setiap cabang olahraga," kata Calista yang menjabat sebagai Public Relations and Media di PPI Filipina ini.

Ketika ditemui di dapur umum Kontingen Indonesia di Palm Tree Apartement Metro Manila, Calista mengaku, dirinya dan rekan-rekanya telah mengatur jadwal kuliah masing-masing, sehingga tidak mengorbankan tugas utamanya belajar di negeri orang.

"Di sini tidak semuanya S1, jadi ada yang ambil S2, jadi jadwalnya disesuaikan sendiri-sendiri, yang penting tidak mengganggu," tuturnya.

Calista sendiri sengaja mengambil izin untuk fokus membantu kontingen Indonesia yang berlaga di SEA Games 2019.

Calista berharap, Indonesia bisa meraih hasil terbaik di SEA Games 2019, sehingga bisa memberi kebanggaan bagi mahasiswa yang sedang belajar di Filipina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

merah putih Sea Games 2019

Sumber : Antara

Editor : Saeno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top