Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Survei Soal Reuni 212, Begini Pendapat Responden

Ada 33,6 persen masyarakat yang tidak mendukung dan 32,5 persen mendukung aksi massa tersebut.
JIBI
JIBI - Bisnis.com 29 November 2019  |  16:06 WIB
Jemaah Munajat 212 melaksanakan Salat Magrib di Monas, Jakarta, Kamis (21/2/2019). Kegiatan Munajat 212 dan zikir bersama tersebut bertujuan untuk mempererat persatuan semua elemen bangsa Indonesia. - ANTARA/Rivan Awal Lingga
Jemaah Munajat 212 melaksanakan Salat Magrib di Monas, Jakarta, Kamis (21/2/2019). Kegiatan Munajat 212 dan zikir bersama tersebut bertujuan untuk mempererat persatuan semua elemen bangsa Indonesia. - ANTARA/Rivan Awal Lingga

Bisnis.com, JAKARTA - Masyarakat Indonesia cenderung terbelah saat menyikapi acara Reuni 212 yang akan digelar pada 2 Desember 2019. Dalam Survei Parameter Politik Indonesia, masyarakat cenderung tak setuju jika ormas Front Pembela Islam menggelar aksi tersebut.

"Ada 33,6 persen masyarakat yang tidak mendukung dan 32,5 persen mendukung aksi massa tersebut. Terbelah, tapi cenderung tidak mendukung," ujar Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno di kantornya, bilangan Pancoran, Jakarta Selatan pada Jumat (29/11/2019).

Adi menyebut, yang mendukung gerakan aksi massa Islam mengalir dari masyarakat kota, usia muda, pendidikan tinggi, pemilik medsos, beragama Islam, dan pendukung Prabowo-Sandi. "Jadi, artinya ini sisa-sisa Pilpres masih ada," ujar dia.

Dalam Survei Parameter Politik Indonesia menunjukkan, secara umum masyarakat Indonesia memiliki persepsi bahwa kehadiran ormas Islam seperti FPI, alumni 212, GNPF MUI tidak mengancam iklim demokrasi Indonesia.

Survei ini dilakukan pada 5-12 Oktober 2019 dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling yang melibatkan sampel sebanyak 1.000 responden.

Pengumpulan data dilakukan dengan metode face to face interview menggunakan kuisioner yang dilakukan oleh surveyor terlatih. Adapun margin of error survei ini sebesar ± 3,1 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Aksi 212

Sumber : Tempo.co

Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top