Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cegah Radikalisme di Kalangan Muda, Simac Ajak Santri Bangun Ekonomi Keumatan

Isu penyebaran paham radikalisme dan aksi terorisme ini tak jarang melibatkan anak-anak muda potensial sehingga menjadi problem tersendiri bagi generasi muda khususnya geransi muda Islam di Indonesia.

Bisnis.com, JAKARTA -- Santri Millenial Center (SIMAC) berkomitmen untuk terus membuat terobosan dan mengoptimalkan potensi ekonomi para santri dan pesantren di seluruh Indonesia melalui penguatan ekonomi keumatan guna mencegah isu penyebaran paham radikalisme dan aksi terorisme di kalangan generasi muda.

Pasalnya, isu penyebaran paham radikalisme dan aksi terorisme ini tak jarang melibatkan anak-anak muda potensial sehingga menjadi problem tersendiri bagi generasi muda khususnya geransi muda Islam di Indonesia.

Presiden Direktur SIMAC, Gus Rahman mengatakan peran umat dan pesantren dalam membangun ekonomi bangsa sangat dibutuhkan di tengah kondisi ekonomi nasional yang masih mengalami berbagai tantangan.

"Kami ingin dapat mengoptimalkan implementasi Arus Baru Ekonomi Indonesia bagi kaum muda dan santri, termasuk pelaku usaha rakyat seperti petani, nelayan dan UMKM di seluruh Indonesia. Agar tidak terpengaruh pada isu-isu radikalisme," ujarnya, Minggu (25/11/2019).

Pada kesempatan tersebut juga diperkenalkan Gerakan sejuta Gus Iwan (Santri Bagus Gemar Ngaji dan Usahawan) sebagai buah komitmen Wakil Presiden RI, Kyai Ma’ruf Amin dalam mencetak generasi tangguh yang Islami dengan menciptakan produk halal dan tidak ada riba.

"Gus Iwan ini merupakan sosok pemuda zaman now, pemuda millenial yang punya jiwa patriotisme dan kemandirian dalam usaha. Indonesia akan menuju era keemasan dan akan dimotori oleh anak-anak muda yang terpanggil jiwa raganya demi bangsa Indonesia,”ujar Nur Rohman.

Salah satu wujud Implementasi Gagasan Arus Ekonomi Baru ini adalah kehadiran usaha Kedai Kopi Abah di berbagai kota di Indonesia, mulai dari Jakarta, Banten, Bogor, Cirebon, Bandung,Kuningan, Banjar,Garut, Bali dan berbagai daerah lain di Indonesia.

“ Kopi Abah sebagai pilihan untuk membuka usaha ditengah kecenderungan masyarakat Indonesia yang semakin menggandrungi kopi. Ini sekaligus menjadi peluang untuk menumbuhkan semangat berwirausaha dan memperkuat ekonomi keumatan,” kata Gus Rahman lagi.

Untuk diketahui, sejumlah tokoh hadir dalam Forum Indonesia Islamic Young Leaders Summit 2019 yang diadakan di Jakarta, mulai 22-26 November 2019. Forum ini merupakan agenda pertemuan para pemuda muslim dari negara-negara yang tergabung dalam Organisasi Kerjasama Islam (OKI) .

Acara ini dibuka secara resmi oleh Menteri Agama, Fachrul Razi dan dihadiri para tokoh nasional antara lain, Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Komisaris Jenderal Polisi Drs. Dharma Pongrekun, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perkumpulan Gerakan Kebangsaan Bursah Zarnubi dan Duta Besar Azerbaijan untuk Indonesia Jalal Mirzayev hingga Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof Amany Lubis.

Hadir pula para tokoh penggerak ekonomi dan entrepreneurship nasional seperti Snadiaga Uno (CEO OKE OCE), Jose Rizal (Chairman of Indonesia Bumiputera Entrepreneurs Association), M. Hanafiah (Asdep Kementerian Koperasi dan UKM RI), Gus Rahman (Presdir SIMAC serta sejumlah entrepreneurs lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper