Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Erdogan Umumkan Tangkap Istri Pemimpin ISIS Bahgdadi

Turki telah menangkap salah satu istri mantan pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi, seperti diumumkan oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan pada Rabu (6/11/2019) waktu setempat.
Renat Sofie Andriani
Renat Sofie Andriani - Bisnis.com 07 November 2019  |  09:20 WIB
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan - Reuters
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Turki telah menangkap salah satu istri mantan pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi, seperti diumumkan oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan pada Rabu (6/11/2019) waktu setempat.

Baghdadi sendiri telah dinyatakan tewas dalam suatu penyerbuan pasukan khusus Amerika Serikat di Suriah barat laut pada akhir Oktober. Ia meledakkan diri saat tentara AS berupaya mendekatinya. 

Dalam pengumumannya, Erdogan tidak mengungkapkan identitas wanita tersebut. Namun Al-Baghdadi diyakini memiliki empat istri, jumlah maksimal berdasarkan hukum Islam.

“Amerika Serikat mengatakan Baghdadi bunuh diri di sebuah terowongan. Mereka mulai berkoar-koar soal hal itu,” tutur Erdogan, seperti dilansir dari Al Jazeera.

“Tapi untuk pertama kalinya saya umumkan di sini bahwa kami telah menangkap istrinya dan tidak membuat kehebohan seperti mereka [AS]. Kami juga menangkap saudara perempuan dan saudara iparnya di Suriah,” lanjut Erdogan dalam sebuah pidato di Ankara University.

Awal pekan ini, seorang pejabat senior Turki mengatakan bahwa negara tersebut telah menangkap saudara perempuan Al-Baghdadi, Rasmiya Awad, berikut suami dan menantunya.

Wanita berusia 65 tahun itu dicurigai berafiliasi dengan ISIS. Dengan penangkapannya, Turki berharap dapat memperoleh informasi tentang organisasi yang dicap teroris oleh dunia internasional ini.

"Hal semacam ini adalah tambang emas intelijen. Apa yang dia ketahui tentang ISIS dapat secara signifikan memperluas pemahaman kami tentang kelompok tersebut dan membantu kami menangkap lebih banyak orang jahat,” tutur pejabat Turki itu, dikutip dari CNN.

Sementara itu, Fahrettin Altun, Direktur Komunikasi Turki, mengatakan penangkapan saudara perempuan Al-Baghdadi adalah contoh lain dari keberhasilan operasi kontra-terorisme Turki.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

turki ISIS Recep Tayyip Erdogan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top