Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Menag Fachrul Razi Klarifikasi ke DPR soal Radikalisme, Cadar, dan Celana Cingkrang

Wacana soal pelarangan penggunaan cadar dan celana cingkrang bagi ASN mengantar Menteri Agama Fachrul Razi memberi klarifiksi di DPR.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 07 November 2019  |  12:35 WIB
Menag Fachrul Razi Klarifikasi ke DPR soal Radikalisme, Cadar, dan Celana Cingkrang
Menteri Agama Jenderal (Purn) Fachrul Razi - Kemenag.go.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Wacana soal pelarangan penggunaan cadar dan celana cingkrang bagi ASN mengantar Menteri Agama Fachrul Razi memberi klarifiksi di DPR.

Menteri Agama Fachrul Razi mengklarifikasi soal pelarangan cadar dan celana cingkrang di depan anggota legislatif saat rapat kerja DPR-Kementerian Agama di komplek parlemen, Jakarta, Kamis (7/11/2019).

"Saya rasa saya senang bapak mengangkatnya dan ini saya gunakan klarifikasi," kata Menag Fachrul.

Kendati demikian, Menag belum menjelaskan lebih lanjut  soal pelarangan tersebut karena rapat masih berlangsung. Rapat berisi paparan program Kemenag dan proses tanya jawab anggota legislatif-eksekutif masih berlangsung.

Pernyataan Menag itu keluar setelah Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto mengkritik bahwa pernyataan Menag saat ini banyak bicara soal deradikalisasi di Kemenag.

"Seolah radikalisme itu segaris lurus dengan cadar dan celana cingkrang," kata Yandri.

Sejumlah anggota legislatif juga menyoroti pelarangan cadar dan celana cingkrang yang dianggap terlalu mencampuri ranah privat masyarakat dalam mengekspresikan pengamalan agama.

Menurut Yandri, pernyataan mantan Wakil Panglima TNI itu berpotensi menyakiti hati orang-orang yang sejak lama menggunakan cadar dan celana cingkrang.

Di sisi lain, kata dia, banyak pengguna cadar dan celana cingkrang itu setia pada NKRI.

"Menurut kami Pak Menteri harus hati-hati. Bagaimana orang baik-baik selama ini merasa tersinggung dengan cadar," katanya.

Terlebih, kata Yandri, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut terorisme bukan bagian dari agama tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

radikalisme cadar Fachrul Razi cingkrang

Sumber : Antara

Editor : Saeno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top