Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inilah Museum Getty Center, Pengaman Karya Seni dari Kebakaran California

California beruntung memiliki museum anti-api. Kebakaran besar yang baru-baru ini terjadi, tidak mampu merusak karya-karya seni bernilai tinggi di sana.
Museum Getty Center/getty.edu
Museum Getty Center/getty.edu

Bisnis.com, JAKARTA - California beruntung memiliki museum anti-api. Kebakaran besar yang baru-baru ini terjadi, tidak mampu merusak karya-karya seni bernilai tinggi di sana.

Sadar akan kerentanan California Selatan terhadap kebakaran dan gempa bumi, arsitek Richard Meier merancang museum khusus untuk melindungi koleksi yang mencakup lukisan karya Van Gogh, Rembrandt dan Manet, patung-patung Yunani kuno, dan sejumlah manuskrip kuno.

Museum Getty Center memiliki nilai investasi US$1,3 miliar. Museum ini dibangun pada 1997 di puncak bukit di bagian Brentwood di Los Angeles, sekitar 13 mil di barat pusat kota. Nyatanya museum itu pun sukses melindungi karya-karya seni bernilai tinggi.

Juru bicara Getty Trust -organisasi di bidang seni sekaligus pengelola Museum Getty - Lisa Lapin mengatakan bahwa evakuasi benda seni justru akan menempatkannya pada bahaya yang lebih besar. 

"Bangunan-bangunan itu kebal terhadap tembakan dari luar karena pada dasarnya memang dibangun untuk tahan api," kata Lapin seperti diberitakan Reuters, Rabu (30/10/2019).

Galeri museum berdinding ganda dan terkotak untuk mencegah penyebaran api interior. Mereka memiliki sistem yang dapat mendaur ulang udara untuk menghentikan asap dan abu masuk serta mengeluarkan oksigen dari udara untuk memadamkan api di dalamnya.

Kebakaran besar yang disebut Getty Fire ini membakar 265 hektare pada Selasa sore (29/10/2019) di wilayah tersebut. Bahkan, titik api hanya berjarak sekitar 1,2 kilometer dari kawasan gedung Getty Center.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper