Ini Daftar Peringkat Universitas Paling Inovatif Di Dunia

Daftar ini mengidentifikasi dan memberikan rangking kepada institusi pendidikan yang aktif melakukan kegiatan sains, penemuan teknologi dan mendorong pasar baru serta industri baru.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 23 Oktober 2019  |  21:08 WIB
Ini Daftar Peringkat Universitas Paling Inovatif Di Dunia
Stanford University. - Reuters/Noah Berger

Bisnis.com, BANDUNG – Selama 5 tahun berturut-turut, Stanford University berhasil menduduki urutan pertama dalam universitas di dunia yang paling inovatif versi Reuters.

Daftar ini mengidentifikasi dan memberikan rangking kepada institusi pendidikan yang aktif melakukan kegiatan sains, penemuan teknologi dan mendorong pasar baru serta industri baru.

Dalam seleksi ini, Stanford pantas mendapatkan urutan pertama karena kampus ini mencetak banyak riset di bidang akademisi dan industri. Peringkat ini dirilis oleh Reuters bekerjasama dengan Clarivate Analytics dan didasari oleh data dan analisa dari pendaftaran paten dan kutipan di dalam makalah dan riset.

Urutan kedua ditempati oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan disusul oleh Harvard di urutan ketiga.

Faktanya, delapan dari 10 universitas peringkat tertinggi tahun lalu tetap berada di 10 teratas pada tahun ini. Kondisi ini menunjukkan bahwa inovasi bergantung pada institusi yang kuat.

Universitas Paling Inovatif Dunia 2019
PeringkatNama Kampus
1Stanford University
2Massachusetts Institute of Technology
3Harvard University
4University of Pennsylvania
5University of Washington
6University of North Carolina Chapel Hill
7KU Leuven
8University of Southern California
9Cornell University
10Imperial College London
11University of Texas System
12Pohang University of Science & Technology (POSTECH)
13University of California System
14University of Erlangen Nuremberg
15Johns Hopkins University
16California Institute of Technology
17EPFL - Swiss Federal lnstitute of Technology Lausanne
18University of Cambridge
19Vanderbilt University
20Yale University

Tidak cukup hanya menghasilkan ide baru, keberhasilan juga tergantung pada bantuan untuk mematenkan, menerbitkan, memproduksi dan memasarkan hasil temuan tersebut.

Adapun, universitas paling inovatif di luar AS yang menempati rangking tertinggi adalah KU Leuven, Belgia. Institusi pendidikan yang hampir berusia 600 tahun ini berhasil menjaga posisi organisasinya sebagai institusi riset dan pengembangan yang independen di dunia.

Di regional Asia, Pohang University of Science & Technology, atau POSTECH di Korea Selatan yang didirikan oleh perusahaan baja POSCO, berhasil menempati peringkat ke-12.

Dari seleksi ini, sebanyak 46 universitas inovatif berlokasi di AS, sembilan di Jerman, delapan di Prancis, sedangkan Jepang, Korea Selatan dan Inggris memiliki masing-masing enam universitas yang inovatif. Adapun China menyumbang empat universitas.

Sementara itu, Negeri Jiran Singapura memiliki dua universitas yang masuk ke dalam daftar, yaitu National University of Singapore (58) dan Nanyang Technology University (67).

Universitas terkenal seperti University of Cambridge, Inggris menempati peringkat ke-18; Yale University ke-20; University of Tokyo ke -26 dan University of Oxford ke-32.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
inovasi, universitas

Editor : M. Taufikul Basari
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top