Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bintang Puspayoga, ASN Kota Denpasar yang Pamit ke Jakarta Ternyata Jadi Menteri

I Gusti Ayu Bintang Darmavati atau biasa disebut Bintang Puspayoga tercatat menjadi wanita pertama asal Bali yang menjadi menteri.
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmavati
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmavati

Bisnis.com, DENPASAR—I Gusti Ayu Bintang Darmavati atau biasa disebut Bintang Puspayoga tercatat menjadi wanita pertama asal Bali yang menjadi menteri.

Dipilihnya istri mantan Menkop dan UKM AAN Puspayoga ini menyelamatkan wajah Bali, karena dalam setiap periode, biasanya ada satu nama dari Pulau Dewata yang terpilih menjadi menteri.  Sejak era Presiden Soeharto, Megawati, SBY hingga Jokowi, biasanya putra Bali akan memiliki satu tempat.

Ditambah lagi fakta bahwa pada pilpres 2019, tingkat keterpilihan Jokowi mencapai 91,7% dari total suara yang masuk. Karena faktor itulah, ketika Jokowi memanggil calon menteri ke Istana Negara dan tidak ada sosok dari Bali yang dipanggil membuat sejumlah pihak khawatir budaya putra daerah menjadi menteri akan hilang.

Meskipun demikian, terpilihnya salah satu pengurus Dekranas ini juga tetap mengagetkan. Meskipun istri dari Puspayoga yang juga pernah sebagai Ketua DPD PDIP Bali, tetapi namanya tidak pernah terdengar dilirik sebagai menteri.

Selain itu, ibu satu orang anak ini juga masih tercatat sebagai aparatur sipil negara (ASN) Kota Denpasar. Jabatannya saat ini adalah Asisten II Sekda Kota Denpasar.

Posisi itu pun baru didudukinya sejak Mei 2019. Sebelumnya, dia pernah menjabat sebagai Inspektur pembantu di inspektorat wilayah, serta staf ahli wali kota bidang pembangunan.

Kabag Humas Sekda Kota Denpasar I Dewa Rai menuturkan selama mendampingi AAN Puspayoga sebagai Menkop dan UMKM AAN Puspayoga yang bersangkutan cuti sebagai ASN.

“Kemarin beliau izin ke bapak wali kota dan bapak sekda ke Jakarta ada keperluan. Ternyata dipilih sebagai menteri, tentu saja membanggakan kami,” ujarnya saat dihubungi Bisnis, Rabu (23/10/2019).

Dewa Rai menuturkan untuk status ASN Bintang di Pemkot Denpasar, pihaknya akan berkoordinasi dengan bagian hukum. Kendati demikian, posisinya sebagai asisten bidang ekonomi pembangunan akan diisi oleh seorang pelaksana tugas. Dia menegaskan untuk status Bintang ke depannya, pihaknya akan kembali menyesuaikan sesuai aturan yang berlaku.

Dia hanya menegaskan bahwa Pemkot Denpasar merasa bangga karena salah satu ASNnya dipilih Presiden Jokowi sebagai menteri. Pemkot Denpasar berharap, Bintang yang sebelumnya pernah mendampingi Puspayoga sebagai Walikota Denpasar dan Wagub Bali itu sukses sebagai menteri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Feri Kristianto
Editor : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper