Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bintang Puspayoga, ASN Kota Denpasar yang Pamit ke Jakarta Ternyata Jadi Menteri

I Gusti Ayu Bintang Darmavati atau biasa disebut Bintang Puspayoga tercatat menjadi wanita pertama asal Bali yang menjadi menteri.
Feri Kristianto
Feri Kristianto - Bisnis.com 23 Oktober 2019  |  20:05 WIB
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmavati
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmavati

Bisnis.com, DENPASAR—I Gusti Ayu Bintang Darmavati atau biasa disebut Bintang Puspayoga tercatat menjadi wanita pertama asal Bali yang menjadi menteri.

Dipilihnya istri mantan Menkop dan UKM AAN Puspayoga ini menyelamatkan wajah Bali, karena dalam setiap periode, biasanya ada satu nama dari Pulau Dewata yang terpilih menjadi menteri.  Sejak era Presiden Soeharto, Megawati, SBY hingga Jokowi, biasanya putra Bali akan memiliki satu tempat.

Ditambah lagi fakta bahwa pada pilpres 2019, tingkat keterpilihan Jokowi mencapai 91,7% dari total suara yang masuk. Karena faktor itulah, ketika Jokowi memanggil calon menteri ke Istana Negara dan tidak ada sosok dari Bali yang dipanggil membuat sejumlah pihak khawatir budaya putra daerah menjadi menteri akan hilang.

Meskipun demikian, terpilihnya salah satu pengurus Dekranas ini juga tetap mengagetkan. Meskipun istri dari Puspayoga yang juga pernah sebagai Ketua DPD PDIP Bali, tetapi namanya tidak pernah terdengar dilirik sebagai menteri.

Selain itu, ibu satu orang anak ini juga masih tercatat sebagai aparatur sipil negara (ASN) Kota Denpasar. Jabatannya saat ini adalah Asisten II Sekda Kota Denpasar.

Posisi itu pun baru didudukinya sejak Mei 2019. Sebelumnya, dia pernah menjabat sebagai Inspektur pembantu di inspektorat wilayah, serta staf ahli wali kota bidang pembangunan.

Kabag Humas Sekda Kota Denpasar I Dewa Rai menuturkan selama mendampingi AAN Puspayoga sebagai Menkop dan UMKM AAN Puspayoga yang bersangkutan cuti sebagai ASN.

“Kemarin beliau izin ke bapak wali kota dan bapak sekda ke Jakarta ada keperluan. Ternyata dipilih sebagai menteri, tentu saja membanggakan kami,” ujarnya saat dihubungi Bisnis, Rabu (23/10/2019).

Dewa Rai menuturkan untuk status ASN Bintang di Pemkot Denpasar, pihaknya akan berkoordinasi dengan bagian hukum. Kendati demikian, posisinya sebagai asisten bidang ekonomi pembangunan akan diisi oleh seorang pelaksana tugas. Dia menegaskan untuk status Bintang ke depannya, pihaknya akan kembali menyesuaikan sesuai aturan yang berlaku.

Dia hanya menegaskan bahwa Pemkot Denpasar merasa bangga karena salah satu ASNnya dipilih Presiden Jokowi sebagai menteri. Pemkot Denpasar berharap, Bintang yang sebelumnya pernah mendampingi Puspayoga sebagai Walikota Denpasar dan Wagub Bali itu sukses sebagai menteri.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabinet Jokowi-Ma'ruf
Editor : Akhirul Anwar
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top