Polisi Amankan Lima Ambulans Bawa Batu, Anies Sebut Ada Petugas Medis Pemprov Alami Luka

Anies menyebutkan ada petugas medis Pemprov DKI Jakarta mengalami luka-luka menyusul diamankannya lima unit ambulans oleh Polda Metro Jaya dengan dugaan menyuplai batu bagi demonstran.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 26 September 2019  |  13:29 WIB
Polisi Amankan Lima Ambulans Bawa Batu, Anies Sebut Ada Petugas Medis Pemprov Alami Luka
Ambulans yang disebut TMCPoldaMetro membawa batu - TMC

Bisnis.com, JAKARTA - Kabar soal lima unit ambulans yang disebut-sebut membawa batu saat aksi unjuk rasa di sekitar Gedung DPR RI ditanggapi Gubernur DKI Anies Baswedan.

Anies menyebutkan ada petugas medis Pemprov DKI Jakarta mengalami luka-luka menyusul diamankannya lima unit ambulans oleh Polda Metro Jaya dengan dugaan menyuplai batu bagi demonstran.

"Petugas kita ada yang terluka, sopir terluka dan mendapatkan pelayanan medis di klinik Bidokkes Polda Metro Jaya dini hari tadi dan saat ini ada di Polda Metro Jaya," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Kamis (26/9/2019).

Ketiganya, menurut Gubernur, adalah personel yang ada dalam unit ambulans milik Pemprov DKI Jakarta yang dalam catatan Anies terdiri atas tiga personel, yakni satu dokter, satu paramedik, dan satu pengemudi.

"Ambulans kita kaca-kacanya pecah karena memang ada lempar-lemparan batu itu," kata Anies.

Kendati disebutnya mengalami kaca pecah, Anies mengaku belum mengetahui pasti apakah kondisi mobil ambulans milik Pemprov DKI Jakarta mengalami kerusakan atau tidak.

"Harus dicek di sana. Tapi ambulans itu satu milik Pemprov, empat milik PMI. Jadi bukan lima-limanya milik Pemprov DKI," ucap Anies.

Sebelumnya, dalam sebuah video yang diunggah oleh TMC Polda Metro Jaya dalam akun Twitter dan Instagram pada Kamis dinihari, memperlihatkan dua mobil ambulans, yang satu berlogo PMI dan satu ambulans lainnya ada tulisan Puskesmas Pademangan yang disebut oleh perekam video sebagai pembawa batu untuk disuplai pada demonstran.

Tapi, di sosial media Twitter video tersebut telah dihapus, video tersebut masih bisa dilihat di akun instagram TMC Polda Metro Jaya.

Polda Metro Jaya dikabarkan mengamankan lima mobil ambulans berlogo Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI karena mengangkut batu dan bensin saat terjadi aksi kerusuhan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono memastikan hal itu, Kamis pagi ini. Video tentang ambulas milik Pemprov DKI yang berisi batu, bensin itu beredar di media sosial.

Argo menyebutkan, mobil ambulans itu diamankan pada Kamis dini hari sekitar pukul 02.14 WIB di dekat Gardu Tol Pejompongan di Jalan Gatot Subroto, Jakarta.

"Ya benar," kata Argo saat dikonfirmasi seperti ditulis Antara.

Sementara saat dikonfirmasi pada Kamis siang, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan pihaknya masih melakukan pengecekan terhadap video mobil ambulans yang diduga membawa batu saat terjadi kerusuhan di DPR RI.

"Sedang kita cek, korscek dengan penyidik, ya, seperti apa kejadiannya. Saya belum dapat informasi," katanya di Polda Metro Jaya, Kamis (26/9/2019). 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
demo, ambulans, ruu kuhp

Sumber : Antara

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top