Jember Duguncang Gempa Magnitudo 4,8

Hari Rabu, 11 September 2019, pukul 00:12:31 WIB, wilayah Kabupaten Jember, diguncang gempabumi tektonik.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 11 September 2019  |  06:28 WIB
Jember Duguncang Gempa Magnitudo 4,8
Grafik hasil pencatatan seismometer/seismograf, alat pencatat besaran gempa bumi. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Hari Rabu, 11 September 2019, pukul 00:12:31 WIB, wilayah Kabupaten Jember, diguncang gempabumi tektonik.

Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M=4,8. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 9,34 LS dan 113,40 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 129 km barat daya kota Jember – Jawa Timur pada kedalaman 29 km.

Kepala Stasiun Geofisika kelas I Yogyakarta Agus Riyanto, S.P, M.M. mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng IndoAustralia dan Eurasia. .

Guncangan gempabumi ini dilaporkan telah dirasakan di daerah Blitar, Trenggalek, Malang, Lumajang, Banyuwangi dalam skala intensitas II - III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. .

Hingga pukul 00.40 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.*

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
gempa

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top