Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

20 Kabupaten/Kota Berkomitmen Menjadi Daerah Ramah HAM

International NGOs Forum on Indonesian Development (INFID) mengungkapkan 20 kabupaten/kota yang ada di Indonesia berkomitmen untuk menjadi kabupaten/kota Hak Asasi Manusia.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 23 Agustus 2019  |  01:04 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA-- International NGOs Forum on Indonesian Development (INFID) mengungkapkan 20 kabupaten/kota yang ada di Indonesia berkomitmen untuk menjadi kabupaten/kota Hak Asasi Manusia.

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia dan INFID menyelenggarakan kegiatan Loka Latih Kabupaten/Kota HAM Bagi Aparatur Pemerintah Daerah dan Aktivis Masyarakat Sipil pada 20-22 Agustus 2019 di Makassar.

Pelatihan ini diikuti oleh 33 Peserta dari 20 Kabupaten/Kota, termasuk dari Lani Jaya dan Jayapura di Papua.

Mugiyanto, Program officer Senior HAM dan Demokrasi INFID, menuturkan para peserta membuat rencana kerja bagi masing-masing daerahnya dan berkomitmen untuk menjadikan daerah mereka sebagai Kabupaten/Kota Ramah HAM

"Dan bersepakat untuk bekerja bersama dan membangun jaringan kerja untuk Kabupaten/Kota HAM," kata Mugiyanto, dalam siaran pers, Kamis (22/8/2019).

Pelatihan ini mempelajari konsep HAM, peran pemerintah daerah terhadap HAM, dan secara khusus membahas tentang Kota Hak Asasi Manusia.

Selama pelatihan, lanjutnya para peserta melakukan diskusi berbagai materi-materi HAM, sustainable development goals (SDGs), pelayanan publik, serta peluang dan tantangan dalam mengimplementasilkan penghormatan, perlindungan dan pemenuhan HAM di daerah.

Mugiyanto menuturkan, pelaksanaan human rights cities bisa dimulai dengan hal-hal yang ringan, misalnya dengan menyusun dan menjalankan program HAM yang paling dibutuhkan oleh warga, dan Pemda memiliki sumberdaya serta kapasitas untuk menjalankannya.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hak asasi manusia
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top