Puan Maharani Sebut Kemungkinan Ada Kejutan Jelang Kongres V PDIP Berakhir

Kejutan kemungkinan akan muncul dari penyelenggaraan Kongres Nasional V PDI Perjuangan di Sanur, Denpasar, Bali yang berlangsung hingga Sabtu (10/8/2019) esok.
Lalu Rahadian
Lalu Rahadian - Bisnis.com 09 Agustus 2019  |  13:12 WIB
Puan Maharani Sebut Kemungkinan Ada Kejutan Jelang Kongres V PDIP Berakhir
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (tengah) didampingi Politikus PDI Perjuangan Puan Maharani (kedua kanan) dan Politikus PDI Perjuangan Prananda Prabowo (kedua kiri) berjalan memasuki ruangan Pembukaan Kongres V PDI Perjuangan di Sanur, Denpasar, Bali, Kamis (8/8/2019). - ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Bisnis.com, DENPASAR - Kejutan kemungkinan akan muncul dari penyelenggaraan Kongres Nasional V PDI Perjuangan di Sanur, Denpasar, Bali yang berlangsung hingga Sabtu (10/8/2019) esok.

Kemungkinan adanya kejutan itu disampaikan Ketua DPP PDIP nonaktif periode 2015-2020 Puan Maharani. Menurutnya, tidak tertutup kemungkinan ada kejutan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam penyusunan struktur DPP PDIP periode 2019-2024.

"Ketua Umum sudah dikukuhkan sebagai formatur tunggal. Artinya, nanti yang akan membuat kabinet ataupun yang menentukan siapa-siapa yang dipilih sebagai kabinet akan datang ya Ketua Umum. Bahwa nanti akan ada tambahan-tambahan sebagai kejutan-kejutan ya kita tunggu saja nanti hasil keputusan Ketua Umum," tutur Puan di Hotel Grand Inna Beach, Jumat (9/8/2019).

Megawati telah dikukuhkan sebagai Ketua Umum PDIP periode 2019-2024. Dengan pengukuhan itu maka Megawati resmi menjabat posisi Ketua Umum di PDIP dan PDI selama 26 tahun.

Usai dikukuhkan sebagai Ketua Umum Kamis (8/8) malam, Megawati telah menyebut kemungkinan tidak ada struktur baru di DPP PDIP. Jawaban itu seakan menutup kemungkinan munculnya jabatan Ketua Harian atau Wakil Ketua Umum.

"Sebagai formatur tunggal tentu saja Ibu Mega mempunyai prerogatif untuk menentukan apa dan bagaimana ke depan terkait kabinetnya," katanya.

Menurut Puan, hingga kini belum ada pembahasan mengenai pandangan DPD dan DPC PDIP dari seluruh daerah terkait wacana kemunculan struktur baru di DPP PDIP. Alasannya, penyusunan struktur DPP PDIP adalah hak prerogatif Ketua Umum.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
megawati, pdip, Kabinet Jokowi-Ma'ruf

Editor : Akhirul Anwar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top