PUPR Berharap Pemindahan Ibukota Mulai Awal 2020

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berharap pembangunan pemindahan ibukota negara dari Jakarta menuju ke Kalimantan dapat dilakukan tahun 2020 nanti.
Alif Nazzala Rizqi
Alif Nazzala Rizqi - Bisnis.com 05 Agustus 2019  |  17:25 WIB

Bisnis.com, SEMARANG - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berharap pembangunan pemindahan ibukota negara dari Jakarta menuju ke Kalimantan dapat dilakukan tahun 2020 nanti.

Adapun, dalam melakukan pemindahan, berbagai persiapan, terutama infrastruktur akan segera diselesaikan.

Direktur Jenderal Cipta Karya, Kementerian PUPR Danis H Sumadilaga mengatakan, saat ini proses persiapan pembangunan infrastuktur masih menunggu penetapan dari Presiden Joko Widodo.

Setelah itu, kementerian yang terkait akan segera melakukan persiapan pembangunan.

"Akan ada kolaborasi beberapa kementerian, seperti PUPR, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) serta Kementerian Agraria dan Tata Ruang," kata Danis di Semarang Senin (5/8/2019).

Dia menambahkan, beberapa kementerian tersebut akan bekerja sama menyiapkan pembangunan infrastuktur, mulai jalan, bendungan, sumber daya alam, gedung, perumahan dan sebagainya.

Danis mengatakan, dana yang disiapkan untuk membangun infrastruktur tersebut lebih dari Rp 400 triliun. Dana tersebut tidak hanya berasal dari APBN, melainkan juga berasal dari swasta dan BUMN.

"Yang dari APBN mungkin hanya sekitar 30 hingga 40 persen saja. Sedangkan yang lain dari luar," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Pemindahan Ibu Kota, Kementerian PUPR

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top