Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kota Kuno Babilonia Ditetapkan Sebagai Warisan Dunia

Kota kuno Babel atau Babilonia di Irak, akhirnya ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO setelah sekian puluhan tahun dilakukan lobi oleh pemerintah setempat.
Kota Babilonia di Irak/Sumber: Reuters
Kota Babilonia di Irak/Sumber: Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Kota kuno Babel atau Babilonia di Irak, akhirnya ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO setelah sekian puluhan tahun dilakukan lobi oleh pemerintah setempat.

Pemungutan suara penetapan tersebut dilakukan pada pertemuan Komite Warisan Dunia UNESCO di ibukota Azebaujan, Baku, yang menjadikan kota Mesopotamia kuno di Sungat Eufrat itu sebagai situs warisan dunia keenam.

Presiden Irak Barham Salih mengatakan bahwa akhirnya kota itu dikembalikan ke tempat yang selayaknya dalam sejarah dunia. Kota kuno Babel sendiri memang telah menjadi reruntuhan arkeologis bagi para peneliti.

Perdana Menteri Irak Adel Abdul Mahdi juga menyambuat baik penetapan itu, “Mesopotamia benar-benar pilar ingatan umat manusa dan tempat lahirnya peradaban dalam sejarah yang tercatat,” katanya dilansir Reuters, Sabtu (6/7/2019).

Pemerintah setempat mengatakan, mereka akan mengalokasikan dana untuk mempertahankan dan terus meningkatkan upaya konservasi.

Babel yang berkisar 85 kilometer ke arah selatan Baghdad dulunya merupakan pusat kerajaan yang luas dan terkenal dengan menara-menara serta kul mudbrick. Taman gantung yang dimiliki wilayah itu merupakan salah satu dari tujuh keajaiban kuno dunia.

Para pengunjung yang datang dapat berjalan di antara sisa-sisa bangunan yang terbuat dari bata dan tanah liat, membentang di sepanjang jalan 10 kilometer persegi. Terdapat juga patung Singa Babel yang terkenal dan sebagian besar dari Gerbang Ishtar yang asli.

Ketika matahari mulai terbenam di reruntuhan, para aktivis dan penduduk berbondong-bondong menuju replika gerbang Isthar di pintu masuk situs untuk merayakan tradisi mereka.

Warga dan pemandu wisata setempat berharap dengan penetapan ini, Babel akan lebih diperhatikan dengan baik dan serius. Para peneliti juga mengharapkan bisa terus mengeksplorasi dan melakukan riset lebih lanjut untuk mendapatkan berbagai informasi tentang sejarah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Syaiful Millah
Editor : Akhirul Anwar

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper