Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Anak Tiri Najib Razak Divonis 5 Tahun Penjara

Pengadilan Malaysia, pada hari Jumat (05/07/2019), menjatuhi hukuman kepada anak tiri dari mantan perdana menteri Najib Razak, dengan tuduhan pencucian uang.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 06 Juli 2019  |  01:23 WIB
Anak Tiri Najib Razak Divonis 5 Tahun Penjara
Riza Aziz, putra tiri mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak, tiba di pengadilan di Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (5/7/2019). - Reuters/Lai Seng Sin
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG – Pengadilan Malaysia, pada hari Jumat (05/07/2019), menjatuhi hukuman kepada anak tiri dari mantan perdana menteri Najib Razak, dengan tuduhan pencucian uang.

Dia terbukti bersalah melakukan penyalahgunaan uang negara sebesar US$248 juta yang merupakan dana 1Malaysia Development Berhad (1MDB). Riza Aziz adalah anak tiri dari Najib Razak dan sekaligus salah satu pendiri perusahaan produksi film Hollywood Red Granite Pictures.

Riza didakwa dengan lima tuduhan pencucian uang. Jaksa mendakwa Riza menerima total US$248 juta atas penyelewengan dana 1MDB. Riza mengaku tidak bersalah atas semua tuduhan itu.

Setiap dakwaan membawa denda finansial hingga lima juta ringgit atau US$1,21 juta dan hukuman penjara maksimal lima tahun. Berdasarkan berita Reuters, pengadilan mengharuskan Riza memberikan jaminan satu juta ringgit dan memintanya untuk menyerahkan paspornya.

Setelah kalah dari Mahatir Mohamad pada Pemilu Mei tahun lalu, Najib dituduh terlibat banyak kasus korupsi yang semuanya terkait dengan pengelapan dana 1MDB. Najib menerika 42 tuntutan hukum mengenai kerugian besar di dana 1MDB dan di beberapa perusahaan milik negara. 

Namun, dia bersikeras mengaku tidak bersalah dan menolak semua tuduhan yang diarahkan kepadanya. Najib mendirikan 1MDB pada 2009. 1MDB adalah sebuah perusahaan pembangunan strategis, dimiliki sepenuhnya oleh pemerintah Malaysia.

Perusahaan didirikan untuk mendorong inisiatif strategis dalam rangka pembangunan ekonomi jangka panjang dengan menjalin kemitraan global dan sekaligus mempromosikan investasi asing langsung di Negeri Jiran tersebut.

Investigasi 1MDB dilakukan setidaknya di enam negara dengan tuduhan pencucian uang dan gratifikasi. Berdasarkan dokumen pengadilan di AS, Red Granite telah membiayai tiga film, salah satunya Wolf of Wall Street, dengan dana yang dicurigai berasal dari 1MDB. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perdana menteri najib razak
Editor : Sutarno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top