Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

DPR Sahkan UU Perjanjian MLA dan Perjanjian Ekstradisi RI-IRan

Dewan Perwakilan Rakyat mengesahkan RUU Perjanjian Mutual Legal Assitance (MLA) dan RUU Perjanjian Ekstradisi RI-Iran menjadi Undang-Undang.
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 04 Juli 2019  |  18:42 WIB
Ilustrasi - Bendera Iran berkibar di lapangan minyak Soroush di Teluk Persia, Iran, Senin (25/7/2005), - Reuters/Raheb Homavandi
Ilustrasi - Bendera Iran berkibar di lapangan minyak Soroush di Teluk Persia, Iran, Senin (25/7/2005), - Reuters/Raheb Homavandi

Bisnis.com, JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat mengesahkan RUU Perjanjian Mutual Legal Assitance (MLA) dan RUU Perjanjian Ekstradisi RI-Iran menjadi Undang-Undang.

 “Perjanjian Mutual Legal Assistance dan Perjanjian Ekstradisi RI-Iran diharapkan menjadi dasar hukum kedua negara dalam meningkatkan efektivitas kerja sama pencegahan dan pemberantasan kejahatan transnasional terorganisir,” ujar Wakil Menteri Luar Negeri A.M. Fachir dalam keterangan pers yang dirilis Kementerian Luar Negeri, Kamis, (4/7/2019).

Fachir adalah perwakilan pemerintah pada Rapat Paripurna DPR RI mengenai pembahasan RUU Pengesahan Perjanjian MLA RI-Iran dan RUU Pengesahan Perjanjian Ekstradisi RI-Iran.

Dia menyatakan bahwa kerja sama kedua negara berdasarkan kedua perjanjian tetap memperhatikan prinsip umum hukum internasional yang menitikberatkan pada asas penghormatan kedaulatan negara dan kedaulatan hukum, kesetaraan, dan saling menguntungkan. “Kedua RUU telah disetujui paripurna untuk disahkan menjadi UU,” ucapnya.

Menurutnya, kedua perjanjian telah ditandatangani di Teheran, Iran, pada 14 Desember 2016. Perjanjian MLA meliputi penelusuran, pemblokiran, penyitaan, dan perampasan hasil tindak pidana.

Sementaraitu, Perjanjian Ekstradisi mengatur kerja sama pencarian dan pemulangan buronan tindak pidana yang meliputi penyidikan, penuntutan, dan pemeriksaan di sidang pengadilan atau proses hukum lainnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

indonesia iran ekstradisi mutual legal assistance (mla)
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top