Heboh Mobil Lapis Baja Presiden Putin, Warganet Malah Bahas Esemka

Kantor berita Rusia memamerkan kendaraan lapis baja Prresiden Rusia Vladimir Putin. Namun warganet malah menyinggung tentang mobil Esemka.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 04 Juli 2019  |  10:18 WIB
Heboh Mobil Lapis Baja Presiden Putin, Warganet Malah Bahas Esemka
Senat Aurus, kendaraan lapis baja Presiden Rusia Vladimir Putin. - Twitter@RBTHIndonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Kantor berita Rusia memamerkan kendaraan lapis baja Presiden Rusia Vladimir Putin, namun warganet malah menyinggung tentang mobil Esemka.

Akun twitter @RBTHIndonesia memuat video tentang mobil Senat Aurus. Kendaraan lapis baja ini menjadi limosin Presiden Rusia tersebut. Aurus sendiri merupakan pabrikan mobil asal negara itu.

"Ini mobilnya Presiden Putin," tulis akun itu, Rabu (3/7/2019).

Hal ini rupanya menyita perhatian warganet. Kebanyakan warganet  malah menanyakan bagaimana kelanjutan mobil Esemka yang digadang-gadang menjadi kendaraan kebanggan Indonesia itu.

"Esemka dong min. sudah teruji, invisible car. Dari 2014 sampai sekarang nggak kelihatan," tulis @awanadinata.

"Nggak lagi nyindir mobil kami Esemka kan," tulis @ngapayah.

"Belum lihat keunggulan Esemla luh min," seloro @cebongidas.

Hingga kini kata kunci Esemka mejadi salah satu trending topik di Twitter dan telah disebut sebanyak 1.700 kali.

Dari catatan Bisnis, Produsen Esemka PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) telah membuka kesempatan bagi konsumen untuk memesan kendaraan itu untuk jenis pikap, Bima 1.2 dan Bima 1.3. (24/4/2019).

SMK menyebut bakal memasarkan mobil itu dengan dua skema harga yakni dengan sistem garansi setahun untuk mobil tanpa AC dan lima tahun khusus pikap Bima ber-AC. Sayangnya, belum diketahui pasti harga pikap Bima yang ditawarkan ke konsumen.

Kendati baru membuka keran pemesanan untuk dua model pikap, sejatinya SMK telah lolos uji tipe di Kementerian Perhubungan untuk delapan model kendaraan. Uji tipe menjadi salah satu syarat mutlak sebelum kendaraan diproduksi masal.

Kepala Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor Kemenhub, Caroline Noorida Aryani saat itu mengatakan, terdapat 8 tipe mobil Esemka yang telah mengantongi sertifikat uji tipe yang terdiri dari model kendaraan penumpang dan niaga ringan.

Sementara itu, Senat Aurus mulai dipamerkan di pameran internasional seperti Geneva International Motor Show. Autus satu-satunya pabrikan asal Rusia yang melantai di pameran tersebut.

Mobil ini diketahui diproduksi dengan bantuan dari produsen hypercar Porsche dan akan tersedia di Timur Tengah, Afrika Utara serta Tiongkok. Kendaraan lapis baja ini dihargai sekitar US$150.000 - US$180.000/unit.

Sejak awal Senat Aurus memang dirancang dengan menggunakan lapisan baja. Pilihan bahan pelindung ini untuk memastikan kendaraan dan penumpang tetap dalam kondisi aman.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
vladimir putin, Mobil Esemka

Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top