Sekjen PKB : Format Rekonsiliasi Dibicarakan Pasca Putusan MK

Pembicaraan mengenai rencana rekonsiliasi pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pascasidang sengketa Pilpres 2019 akan segera dilakukan.
Lalu Rahadian
Lalu Rahadian - Bisnis.com 27 Juni 2019  |  14:29 WIB
Loading the player ...
Sidang Perkara Perselisihan Hasil Pilpres 2019 - Bisnis TV

Bisnis.com, JAKARTA - Pembicaraan mengenai rencana rekonsiliasi pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pascasidang sengketa Pilpres 2019 akan segera dilakukan.

Sekretaris Jenderal PKB Hanif Dhakiri mengatakan, pembicaraan soal rekonsiliasi akan dilakukan setelah Mahkamah Konstitusi (MK) membacakan putusan sengketa Pilpres 2019, Kamis (27/6/2019). Pembicaraan nanti akan mencari format rekonsiliasi yang tepat bagi kedua pasangan di Pilpres 2019 itu.

“Masalah rekonsiliasi kan tentu jadi kepentingan kita semua sebagai sebuah bangsa. Cuma formatnya seperti apa tentu nanti akan dibicarakan oleh teman-teman di koalisi dan tentunya dengan Pak Jokowi juga,” tutur Hanif di Gedung MK, Jakarta.

Putusan atas sengketa hasil Pilpres 2019 saat ini sedang dibacakan Hakim Konstitusi MK. Sidang pembacaan putusan telah dimulai sejak pukul 12.40 WIB.

Menurut Hanif, hingga kini belum ada pertemuan resmi antara para Sekjen partai-partai koalisi dengan pasangan Jokowi-Ma’ruf. Akan tetapi, pertemuan diyakini akan segera berlangsung pasca MK mengeluarkan putusan.

Hanif juga menyebut jika MK nantinya mengeluarkan putusan yang menguntungkan Jokowi-Ma’ruf maka pihak mereka tak akan melakukan perayaan besar-besaran.

“Ya ini biasa-biasa saja lah. Dalam pemilu kalah menang biasa. Kita menang juga sudah biasa,” ujar Hanif.

Dalam sidang hari ini tidak terlihat kehadiran Prabowo-Sandi pun Jokowi-Ma’ruf di Gedung MK. Kedua pasangan di Pilpres 2019 ini menyaksikan jalannya sidang dari tempat yang berbeda.

Prabowo tercatat bersama Sandiaga mengundang para petinggi partai koalisi menyaksikan sidang MK di kediamannya pada Jalan Kertanegara 4, Jakarta Selatan. Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Priyo Budi Santoso mengatakan, pascaputusan MK akan ada pembahasan soal keberlanjutan koalisi

“Ada opsi untuk membangun sebuah demokrasi yang hebat ke depan. Biarkanlah ini berlangsung dan apa pun yang terjadi biarkan saja dibangun sebuah koalisi konstruktif yang membangun sebuah oposisi yang membangun ke depan,” kata Priyo sebelum memasuki rumah Prabowo.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Sidang MK, sidang gugatan Pilpres

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top