Perundingan Nuklir AS-Korut Buntu, Presiden China Temui Jong-un

Presiden China, Xi Jinping akan melakukan kunjungan kenegaraan pertamanya ke Korea Utara pada minggu ini di tengah kurang harmonisnya hubungan negara yang dipimpin Kim Jong-un itu dengan AS menyusul penundaan pembicaraan soal program nuklir.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 18 Juni 2019  |  09:35 WIB
Perundingan Nuklir AS-Korut Buntu, Presiden China Temui Jong-un
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un memberi panduan program senjata nuklir dalam foto tak bertanggal yang dirilis Kantor Berita Pusat Korea Utara Korea Utara. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA--Presiden China, Xi Jinping akan melakukan kunjungan kenegaraan pertamanya ke Korea Utara pada minggu ini di tengah kurang harmonisnya hubungan negara yang dipimpin Kim Jong-un itu dengan AS menyusul penundaan pembicaraan soal program nuklir.

Xi akan bertemu Kim Jong-un selama kunjungan pada hari Kamis dan Jumat, menurut penyiar televisi pemerintah CCTV China seperti dikutip Theguardian.com, Selasa (18/6). Kunjungan itu akan menjadi yang pertama oleh presiden China dalam 14 tahun terakhir.

Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) Korea Utara juga mengumumkan kunjungan tersebut, tetapi tidak memberikan perincian lebih lanjut.

Kunjungan itu bertepatan dengan peringatan 70 tahun pembentukan hubungan diplomatik antara China dan Korea Utara, menurut CCTV.

Penyiar menambahkan para pemimpin akan bertukar pandangan tentang situasi di Semenanjung Korea.

Kantor kepresidenan Korea Selatan berharap kunjungan Xi ke Korea Utara akan berkontribusi pada dimulainya kembali perundingan untuk menyelesaikan kebuntuan perundingan soal nuklir. 

Kunjungan itu dilakukan saat negosiasi antara AS dan Korea Utara menemui jalan buntu.

Pertemuan puncak di Vietnam pada Februari antara Kim dan Donald Trump gagal setelah AS menolak permintaan Korea Utara untuk mendapatkan keringanan sanksi sebagai imbalan atas pembongkaran kompleks nuklir utamanya.

Bulan lalu, Korea Utara menembakkan rudal jarak pendek dan senjata lainnya ke laut dalam upaya nyata untuk menekan AS.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kim jong un, nuklir korut

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top