Masyarakat Diimbau Cari Informasi dari Sumber Tepercaya

Di tengah merebaknya berbagai hoaks setelah KPU mengumumkan hasil Pileg dan Pilpres dari Pemilu 2019, masyarakat diimbau mencari berita dari sumber tepercaya.
Saeno
Saeno - Bisnis.com 22 Mei 2019  |  14:49 WIB
Masyarakat Diimbau Cari Informasi dari Sumber Tepercaya
Ilustrasi - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah merebaknya berbagai hoaks setelah KPU mengumumkan hasil Pileg dan Pilpres dari Pemilu 2019, masyarakat diimbau mencari berita dari sumber tepercaya.

Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) menengarai merebaknya informasi baik yang sudah terkonfirmasi maupun belum terkonfirmasi kebenarannya. Juga muncul informasi yang tak lebih dari sekadar hoax atau berita bohong.

Terkait kondisi tersebut AMSI mengimbau masyarakat mencari berita dari sumber tepercaya.

"Ketika ragu apakah sebuah berita benar atau tidak, hoax atau bukan, kembalilah kepada sumber berita yang bisa dipercaya yaitu media massa," ujar Ketua Umum AMSI Wens Manggut dalam keterangan tertulisnya, diterima Rabu (22/5/2019).

Disebutkan Wens Manggut, media massa, termasuk yang bergabung dalam AMSI memiliki standar kerja yang baku dalam penyampaian pemberitaannya.

"Media massa, termasuk yang bergabung dalam AMSI tidak saja memiliki wartawan yang profesional dalam menulis berita, tapi juga memiliki standar dan prosedur yang baku dalam menelusuri kebenaran sebuah informasi sebelum dipublikasikan," tambah Wens Manggut.

Selain mengimbau masyarakat, AMSI juga mengimbau pengelola media massa agar disiplin dalam melakukan verifikasi sebelum mempublikasi informasi.

Media massa diimbau untuk tidak ikut menyebarkan informasi yang diragukan kebenarannya apalagi hoax.

Wens Manggut mengingatkan agar bersama publik media massa ikut menjaga keadaban bersama.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
media massa, hoax

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top