5 Peleton Kodam Jaya Datang ke Gedung Bawaslu Amankan Aksi Massa

Sedikitnya lima peleton dari Kodam Jaya tiba di Gedung Bawaslu, Jakarta, sekira pukul 4.10 WIB Rabu. Empat peleton di antaranya segera mengarah ke Jalan Wahid Hasyim, arah Tanah Abang
Newswire
Newswire - Bisnis.com 22 Mei 2019  |  05:01 WIB
5 Peleton Kodam Jaya Datang ke Gedung Bawaslu Amankan Aksi Massa
Massa melakukan perlawanan ke arah petugas di depan kantor Bawaslu di kawasan Thamrin, Jakarta, Selasa (21/5/2019). - ANTARA FOTO / Muhammad Adimaja.

Bisnis.com, JAKARTA- Sedikitnya lima peleton dari Kodam Jaya tiba di Gedung Bawaslu, Jakarta, sekira pukul 4.10 WIB Rabu.

Empat peleton di antaranya segera mengarah ke Jalan Wahid Hasyim, arah Tanah Abang untuk membantu petugas kepolisian menangani massa  yang masih bertahan di sana.

Sedangkan satu peleton lainnya berjaga di persimpangan Jalan MH Thamrin.

Massa perusuh masih melakukan perlawanan dengan melempar batu, kembang api dan petasan ke arah polisi dari arah Tanah Abang.

Petugas kepolisian juga sudah beberapa kali berganti giliran untuk menangani para perusuh yang melebar buntut dari provokasi di area Gedung Bawaslu.

Sebelumnya, setelah sempat membubarkan diri sejak pukul 20.30 WIB, massa ada yang kembali berkonsentrasi di depan Gedung Bawaslu pada pukul 21.30 WIB dan melakukan orasi-orasi.

Namun bukan hanya orasi, para peserta aksi demonstrasi juga sempat merusak pagar barikade.

Sekitar pukul 22.15 WIB, massa dimediasi oleh Wakapolres Jakarta Pusat AKBP Arie Ardian, namun massa terus bersikap provokatif bahkan menantang petugas.

Akhirnya sekitar pukul 22.35 WIB polisi menindak tegas dengan melakukan penghalauan massa ke arah Jalan Wahid Hasyim.

Aktivitas demonstrasi di depan Bawaslu-pun akhirnya dapat dibubarkan seluruhnya pada pukul 22.45 WIB dan massa akhirnya berkumpul dan bertahan di Jalan Wahid Hasyim (arah Tanah Abang dan Gondang Dia), Bundaran HI, juga ke arah Monas.

Dari informasi yang didapatkan Antara di lokasi bertahannya massa, mereka dapat dipukul mundur ke Underpass Pasar Grosir Tanah Abang, Gondang Dia, Jalan Sabang dan Bundaran HI.

Bahkan beberapa kelompok massa menggunakan batu dan bom molotov untuk menahan laju petugas keamanan. Terlihat beberapa kali mobil ambulans juga lalu lalang.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Pemilu 2019, Aksi 22 Mei

Sumber : Antara

Editor : Rahayuningsih

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup