Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kerusuhan Antimuslim Memanas, Sri Lanka Terapkan Jam Malam

Sri Lanka memberlakukan jam malam di seluruh pelosok negeri setelah kerusuhan antimuslim tersebar ke sejumlah kota sejak serangan bom di sejumlah gereja dan hotel beberapa waktu lalu.
Kerabat korban teror bom, di Kolombo, Sri Lanka, Senin (22/4/2019)./Reuters-Dinuka Liyanawatte
Kerabat korban teror bom, di Kolombo, Sri Lanka, Senin (22/4/2019)./Reuters-Dinuka Liyanawatte

Bisnis.com, JAKARTA - Sri Lanka memberlakukan jam malam di seluruh pelosok negeri setelah kerusuhan antimuslim tersebar ke sejumlah kota sejak serangan bom di sejumlah gereja dan hotel beberapa waktu lalu.

Di provinsi di wilayah barat laut Sri Lanka, massa menyerang masjid dan toko. Polisi setempat mengatakan satu orang terbunuh.

Polisi terpaksa  menggunakan gas air mata untuk membubarkan kerumunan dan memberlakukan jam malam sampai waktu yang tidak ditentukan. Ketegangan meningkat sejak kelompok militan Islam melakukan serangan bom bunuh diri tiga pekan lalu yang menewaskan lebih dari 250 orang.

Di sejumlah kota, polisi mengeluarkan tembakan ke udara dan menggunakan gas air mata untuk membubarkan ratusan orang perusuh.

Kemarin dini hari, Perdana Menteri Sri Lanka, Ranil Wickremesinghe mengimbau agar masyarakat bersikap tenang dengan mengatakan bahwa kerusuhan saat ini menghambat upaya penyelidikan serangan bulan lalu.

Jam malam yang berlaku tujuh jam mulai berlangsung pukul 21:00 waktu setempat sebagimana dikutip Reuters, Selasa (14/5/2019).

Di kota Kiniyama di wilayah barat laut, jendela dan pintu masjid dihancurkan.

Serangan itu dipicu oleh sekelompok orang yang menuntut penggeledahan sebuah bangunan setelah tentara memeriksa sebuah danau di dekatnya untuk mencari senjata api. 

Sedangkan di Kota Chilaw, yang mayoritas penduduknya beragama Katolik, toko-toko dan masjid milik warga muslim setempat diserang. Hal itu diicu oleh unggahan di Facebook yang ditulis oleh seorang warga muslim setempat yang dianggap sebagai ancaman.

Pria yang menulis unggahan tersebut, seorang pengusaha Muslim berusia 38 tahun, telah ditangkap.

Seorang pria meninggal akibat luka tusukan setelah sekelompok orang menyerang usaha bisnisnya di Distrik Puttalam, di wilayah barat laut Sri Lanka. 

Pemerintah Sri Lanka telah memblokir sejumlah akun media sosial dan aplikasi pengiriman pesan, termasuk Facebook dan Whatsapp, agar kekerasan tidak menjalar.

"Saya mengimbau semua warga agar tetap tenang dan tidak terpengaruh informasi yang salah. Pasukan keamanan bekerja untuk menangkap teroris dan memastikan keamanan negara," kata perdana menteri melalui Twitter.

Insiden kekerasan juga dilaporkan terjadi di kota Hettipola, di mana sedikitnya tiga toko dilaporkan dibakar.

Jumlah populasi di Sri Lanka sekitar 21 juta jiwa, sekitar 10 persen di antaranya muslim, sedangkan pemeluk Kristen sekitar 7,6 persen. Mayoritas penduduk Sri Lanka memeluk Buddha.

Polisi menyalahkan dua kelompok Islam setempat atas serangan bom bunuh diri pada hari Minggu Paskah. Kelompok yang menyebut dirinya sebagai Negara Islam atau ISIS menyatakan terlibat, tetapi tidak memberikan rincian.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper