Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jika Pekan Depan Bachtiar Nasir Mangkir Lagi, Polri Akan Jemput Paksa

Polri menyatakan siap melakukan penjemputan paksa jika Bachtiar Nasir mangkir memenuhi panggilan pemeriksaan pekan depan.
Bachtiar Nasir/Antara
Bachtiar Nasir/Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Bareskrim Polri akan melakukan pemanggilan paksa terhadap tersangka Bachtiar Nasir jika pada panggilan pemeriksaan Selasa 14 Mei 2019 kembali mangkir.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo menjelaskan bahwa tim penyidik memiliki kewenangan untuk menjemput paksa seorang tersangka jika mangkir sebanyak 3 kali. Menurutnya, upaya penjemputan paksa itu sudah diatur di dalam Pasal 112 ayat (1) KUHAP.

"Kalau pada panggilan ketiga minggu depan yang bersangkutan tidak hadir juga, akan kita lakukan upaya penjemputan selanjutnya," tuturnya, Rabu (8/5/2019).

Dedi mengimbau agar Bachtiar Nasir tunduk dan patuh pada penegakan hukum dan bersikap kooperatif dengan memenuhi panggilan tim penyidik pekan depan.

"Ya kami mengimbau agar yang bersangkutan ini kooperatif memenuhi panggilan tim penyidik ya," kata Dedi.

Seperti diketahui, Bachtiar Nasir  diduga mengelola dana sebesar Rp3 miliar di rekening Yayasan Keadilan Untuk Semua (YKUS).

Dana tersebut diklaim Bachtiar akan digunakan untuk mendanai Aksi Bela Islam 411 dan Aksi Bela Islam 212 pada 2017 lalu.

Selain itu, dana Rp3 miliar itu juga diklaim akan digunakan untuk membantu korban bencana alam gempa bumi di Pidie Jaya Aceh dan Bencana Alam Banjir di Bima dan Sumbawa NTB.

Namun, Tim Penyidik Bareskrim Polri mengendus adanya dugaan TPPU yang dilakukan Bachtiar Nasirmelalui rekening tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper