Pemilu Legislatif 2019 : Dimyati Natakusumah dan Anaknya Diprediksi Melenggang ke Senayan

Berdasarkan rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat kabupaten, PKS dan Demokrat mengamankan satu kursi DPR dari Dapil Banten I pada Pileg 2019.
Samdysara Saragih | 08 Mei 2019 19:01 WIB
Dimyati Natakusumah - Istimewa

Kabar24.com, JAKARTA — Dua anggota keluarga mantan Wakil Ketua MPR Achmad Dimyati Natakusumah menanti pengukuhan sebagai anggota DPR terpilih dari Daerah Pemilihan Banten I.

Anggota keluarga itu adalah Dimyati sendiri beserta putranya, Rizki Aulia Rahman Natakusumah, yang diklaim sebagai calon anggota legislatif (caleg) peraih suara terbanyak di internal partai masing-masing.

Dimyati adalah caleg dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), sedangkan Rizki berangkat dari Partai Demokrat.

Berdasarkan rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat kabupaten, PKS dan Demokrat mengamankan satu kursi DPR dari Dapil Banten I pada Pileg 2019.

“Perolehan saya 67.150 suara, Rizki 56.123 suara,” kata Dimyati kepada Bisnis.com, Rabu (8/5/2019).

Medan pertarungan Dapil Banten I yang meliputi Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak memang tidak asing bagi Dimyati. Dia merupakan Bupati Pandeglang periode 2000—2009 dan lolos ke DPR pada Pileg 2009 mewakili Dapil Banten I.

Keluarga Natakusumah semakin menancapkan pengaruhnya di Pandeglang ketika istri Dimyati, Irna Narulita, memenangkan Pemilihan Bupati Pandeglang 2015. Sebelum ikut pilkada, Irna adalah Anggota DPR dari Partai Persatuan Pembangunan.

Selain Dimyati dan Rizki, Rizka Amalia Ramadhani Natakusumah juga turut bertarung di Dapil Banten I dengan mengendarai Partai Nasdem. Namun, putri Dimyati tersebut tidak semujur ayah dan saudaranya karena Nasdem gagal menerobos posisi enam besar.

TUDINGAN MIRING

Keberhasilan Dimyati dan Rizki meraih suara terbanyak di parpol masing-masing memunculkan tudingan tidak sedap. Salah satunya dari caleg Partai Amanat Nasional (PAN) Dedy ‘Miing’ Gumelar.

Pendiri grup lawak Bagito ini juga bertarung di Dapil Banten I. Namun, PAN hanya meraup 45.669 suara sehingga tidak kebagian jatah satu kursi DPR pun.

Miing menuding terjadi pengerahan aparatur sipil negara (ASN) untuk memenangkan anggota keluarga penguasa setempat. Bahkan, dia menilai perolehan suara Rizki tidak masuk akal karena yang bersangkutan masih kuliah di luar negeri.

Menanggapi tudingan Miing, Dimyati mengakui Rizki masih terdaftar sebagai mahasiswa strata-2 (S2) di University of Nottingham, Inggris. Namun, menurut Dimyati, anaknya berada di Indonesia ketika pelaksanaan tahapan Pileg 2019.

“Baru berangkat ke luar negeri pasca-pemilu. Rizki baru wisuda S2 akhir bulan ini. Semoga pas dilantik bisa pulang ke Tanah Air,” ujarnya.

Dimyati pun mengaku tidak menyangka anaknya meraih suara terbanyak  di antara para caleg Demokrat. Perolehan suara Rizki bahkan melampaui petahana Vivi Sumantri Jayabaya.

Menurut Dimyati, keberhasilan sang putra disebabkan pembentukan tim pemenangan yang bagus. Apalagi, Rizki bergabung di Demokrat yang memiliki platform nasionalis-religius, seirama dengan karakter islami masyarakat Pandeglang dan Lebak.

“Selain itu, Rizki itu milenial banget dan cerdas. Lebih pintar dari bapaknya,” katanya.

Dengan alasan itu, Dimyati membantah bila keberhasilan sang anak karena memanfaatkan jabatan istrinya. Buktinya, kata dia, adik dan kakak Irna Narulita yang menjadi caleg saja tidak lolos sebagai anggota parlemen.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
dpr, penghitungan suara, Pemilu 2019

Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup