CPNS Lewat Jalur Sekolah Kedinasan : Batas Terakhir Pendaftaran 30 April 2019

Terdapat 232.739 pemilih yang telah menentukan sekolah dari 287.579 jumlah akun yang terdaftar.
MG Noviarizal Fernandez
MG Noviarizal Fernandez - Bisnis.com 29 April 2019  |  18:44 WIB
CPNS Lewat Jalur Sekolah Kedinasan : Batas Terakhir Pendaftaran 30 April 2019
Pamong Praja Muda (PPM) angkatan XXV melakukan selebrasi melempar topi saat upacara Kelulusan dan Pelantikan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Tahun 2018 di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Jumat (27/7). Presiden Joko Widodo melantik sebanyak 1.456 Pamong Praja Muda yang akan ditempatkan di seluruh pelosok daerah di Indonesia. - Antara

Kabar24.com,JAKARTA — Pendaftaraan Calon Pegawai Negeri Sipil dari jalur sekolah kedinasan akan ditutup pada 30 April 2019. Ribuan calon mahasiswa telah melakukan pendaftaran.

Berdasarkan data dari Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) pada Senin (29/4/2019), terdapat 232.739 pemilih yang telah menentukan sekolah dari 287.579 jumlah akun yang terdaftar.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Mudzakir mengingatkan bagi para pendaftar yang belum menyelesaikan proses pendaftaran sampai tahap akhir dapat segera menuntaskan.

“Masih ada waktu untuk mendaftar sampai besok. Untuk yang belum membuat akun atau pun belum menentukan sekolah dapat segera menyelesaikan pendaftaran,” ujarnya.

Berdasarkan data tersebut sekolah kedinasan yang paling banyak pendaftar adalah PKN STAN milik Kementerian Keuangan dengan jumlah pendaftar mencapai 125.418 orang.

Sementara itu, terbanyak kedua adalah Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri sebanyak 38.763 calon taruna. Kemudian posisi ketiga ditempati Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) milik Badan Pusat Statistik (BPS) dengan jumlah pendaftar 15.075 orang.

Selanjutnya terbanyak keempat adalah Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Bekasi milik Kementerian Perhubungan dengan jumlah pelamar sebesar 10.950.

Kemudian kelima adalah Politeknik Imigrasi (Poltekim) dengan pendaftar sebanyak 7.364 dan diposisi selanjutnya Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dengan jumlah pendaftar 6.611 dimana kedua sekolah tersebut milik Kementerian Hukum dan HAM.

Sesuai dengan pengumuman nomor: B/393/S.SM.01.00/2019 tentang Penerimaan Calon Siswa-Siswi/Taruna-Taruni pada Kementerian/Lembaga (K/L) yang Mempunyai Lembaga Pendidikan Kedinasan Tahun 2019, ada 19 pendidikan tinggi kedinasan di delapan K/L yang membuka kesempatan bagi generasi muda yang memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi. Sebanyak 9.176 kursi dibuka untuk calon siswa-siswi/taruna-taruni. Adapun waktu pendaftaran pada 9-30 April 2019.

Kedelapan K/L yang membuka penerimaan siswasiswi/tarunataruni baru itu, yakni Kementerian Keuangan (PKN STAN), Kementerian Dalam Negeri (IPDN), Badan Siber dan Sandi Negara (STSN), Kementerian Hukum dan HAM (Poltekip dan Poltekim), Badan Intelijen Negara (STIN), Badan Pusat Statistik (Politeknik Statistika STIS), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG), dan Kementerian Perhubungan (11 Sekolah Tinggi, Poltek, dan Akademi).

Lebih lanjut Mudzakir mengimbau agar para pendaftar berhati-hati terhadap segala bentuk penipuan dari oknum yang menjanjikan kelulusan dengan memberikan sejumlah uang. “Jika ada oknum yang menjanjikan lulus dan meminta bayaran, segera laporkan kepada kami,” pungkasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
cpns, Sekolah Ikatan Dinas

Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup