Beda dari Tahun 2018, Ini Syarat dan Tahapan Pendaftaran SBMPTN 2019

Setelah pengumuman nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) mulai 23 April 2019, peserta akan melanjutkan proses pendaftaran ke perguruan tinggi negeri atau SBMPTN 2019. Waktunya mulai dibuka 10-24 Juni 2019.
Beda dari Tahun 2018, Ini Syarat dan Tahapan Pendaftaran SBMPTN 2019 JIBI | 24 April 2019 10:24 WIB
Beda dari Tahun 2018, Ini Syarat dan Tahapan Pendaftaran SBMPTN 2019
Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah pengumuman nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) mulai 23 April 2019, peserta akan melanjutkan proses pendaftaran ke perguruan tinggi negeri atau SBMPTN 2019. Waktunya mulai dibuka 10-24 Juni 2019.

Cara mendaftar SBMPTN 2019 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Syarat yang dibuat Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) adalah calon peserta harus tes UTBK dan nilainya untuk bekal mendaftar ke SBMPTN.

Berikut syarat dan tahapan pendaftarannya yang ditetapkan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT):

Dua Tahap

Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN dilakukan dalam dua tahap, yaitu mengikuti UTBK dan mendaftar SBMPTN. Persyaratan pendaftaran SBMPTN  2019 adalah siswa SMA/MA/SMK/sederajat lulusan tahun 2017, 2018 harus sudah memiliki ijazah.

Bagi siswa SMA/MA/SMK/sederajat lulusan tahun 2019 memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan dengan ditandatangani oleh kepala sekolah dan dibubuhi cap stempel yang sah.

Pendaftar juga harus memiliki Nilai UTBK dan tidak lulus SNMPTN 2019. Selain itu memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi, dan memiliki nomor induk siswa nasional.

Khusus bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio.

Tahapan pendaftaran SBMPTN 2019 dilakukan melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id dengan cara mengisi biodata, kecuali peserta yang sudah terdaftar di SNMPTN 2019.

Pilih 2 PTN

Memilih perguruan tinggi negeri (PTN) dan program studi dengan ketentuan bahwa pendaftar dapat memilih paling banyak dua PTN dan memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN.

Mengunggah  portofolio bagi pendaftar yang memilih program studi bidang seni dan olahraga. Tata cara pengisian borang portofolio dapat diunduh dari laman http://download.sbmptn.ac.id

Mengunggah dokumen lain sesuai dengan persyaratan pendaftaran SBMPTN 2019. 

Pendaftar akan diseleksi berdasarkan nilai UTBK dan portofolio bagi pendaftar di jurusan seni dan olahraga. Tidak seperti pendaftaran di SMA atau SMP Negeri, yaitu pesertanya bisa pindah ke sekolah lain jika nilainya tergusur, pendaftar SBMPTN 2019 tinggal menunggu apakah nilanya lolos di PTN pilihannya.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ptn, sbmptn, UTBK

Sumber : Tempo.Co

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top