KENAL DAPIL : Pembuktian Rano 'Bang Doel' Karno di Dapil Banten III

Rano Karno pernah menjabat sebagai Gubernur Banten. Saat ini, dia maju sebagai calon anggota legislatif dari Dapil Banten III.
Samdysara Saragih | 14 April 2019 11:19 WIB

Kabar24.com, JAKARTA — Mantan Gubernur Banten Rano Karno berpeluang tukar peran dengan penggantinya, Wahidin Halim, sebagai wakil Banten di DPR.

Pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, Rano didaftarkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai calon anggota legislatif (caleg) di Daerah Pemilihan Banten III. Posisi itu serupa dengan Wahidin Halim yang menjadi caleg Partai Demokrat dari dapil tersebut pada Pileg 2014 dan berhasil masuk Senayan.

Ketika mengikuti Pemilihan Gubernur Banten 2017, Wahidin mengundurkan diri dari DPR. Bekas Wali Kota Tangerang itu kemudian memenangi pilkada setelah mengalahkan Rano dengan selisih suara tipis.

Kalah pilkada tak lantas mengakhiri karir politik Rano. Bekas pemain film itu menjajaki karier di lembaga legislatif sekaligus untuk mendongkrak perolehan suara PDIP.

Modal Rano tak hanya pernah memimpin Banten, tetapi memiliki riwayat sebagai Wakil Bupati Tangerang sepanjang 2008-2011. Kabupaten Tangerang bersama dengan Kota Tangerang dan Kota Tengerang Selatan merupakan cakupan Dapil Banten III.

Kedatangan Rano memungkinkan PDIP mempertahankan statusnya sebagai peraih suara terbanyak di Dapil Banten III. Pada Pileg 2014, parpol penguasa tersebut mendapatkan 522.977 suara sehingga berhak mendapatkan dua kursi DPR.

Satu setrip di bawah PDIP adalah Partai Gerindra. Wakil Ketua Umum DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad kembali menjadi andalan parpol oposisi tersebut pada kontestasi tahun ini.

Dengan jumlah pemilih 4,26 juta orang, Dapil Banten III menyedikan 10 kursi DPR. Sebanyak 148 caleg memperebutkan kursi itu, termasuk sembilan petahana.

PETAHANA DAPIL BANTEN III 

Partai Politik 

Petahana 

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan 

Eddy Kusuma Wijaya 

Marinus Gea 

Partai Golkar 

Andi Achmad Dara 

Partai Gerindra 

Sufmi Dasco Ahmad 

Partai Demokrat 

Hartanto Edhie Wibowo 

Partai Kebangkitan Bangsa 

Siti Masrifah 

Partai Amanat Nasional 

M. Ali Taher 

Partai Keadilan Sejahtera 

Jazuli Juwaini 

Partai Persatuan Pembangunan 

Irgan Chairul Mahfiz 

Partai Hanura 

Inas Nasrullah Zubir 

 Sumber: DPR

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
banten, caleg, dapil

Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top