Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KENAL DAPIL : Dua Mantan Bupati Wonogiri Berebut Kursi Senayan dari Dapil Jateng IV

Berdasarkan hasil pemilihan kursi legislatif pada Pemilu 2014, empat dari tujuh kursi DPR berhasil dikuasai oleh anggota Koalisi Indonesia Adil Makmur yakni Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Demokrat, dan Partai Amanat Nasional.
Samdysara Saragih
Samdysara Saragih - Bisnis.com 08 April 2019  |  10:04 WIB

Kabar24.com, JAKARTA — Kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno berambisi mengail lebih banyak suara di Provinsi Jawa Tengah agar dapat memenangkan Pemilu Presiden 2019.

Jika merujuk pada basis kekuatan partai politik pendukung, ada peluang di Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Karanganyar, dan Kabupaten Sragen. Tiga kabupaten itu pada Pileg 2019 tergabung dalam Daerah Pemilihan Jawa Tengah (Dapil Jateng) IV.

Berdasarkan hasil pemilihan kursi legislatif pada Pemilu 2014, empat dari tujuh kursi DPR berhasil dikuasai oleh anggota Koalisi Indonesia Adil Makmur yakni Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Demokrat, dan Partai Amanat Nasional. Dua kursi digenggam oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan satu kursi jatah Partai Golkar.

Empat parpol pengusung Prabowo-Sandi mengoleksi 563.539 suara. Perolehan yang setara dengan 36,88% total suara sah tersebut memang masih kalah banyak dari koalisi parpol pengusung Joko Widodo-Ma’ruf Amin, tetapi cukup memadai apabila mampu dikonversi untuk suara Pilpres 2019.

Partai Gerindra pun terlihat serius menggarap Dapil Jateng IV. Partai yang diketuai oleh Prabowo itu memasang salah satu elitenya, Ferry Juliantono. Masuknya Ferry membuat petahana Rahayu Saraswati Djojohadikusumo hijrah ke Dapil DKI Jakarta III.

Menjelang Pemilihan Gubernur Jateng 2018, Ferry adalah salah satu kandidat kuat bakal calon gubernur sebelum Gerindra dan koalisinya menjatuhkan pilihan kepada bekas Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said.

Bila Gerindra mempunyai tenaga baru, lain lagi dengan Demokrat, PAN, dan PKS yang mengandalkan petahana anggota DPR. Strategi serupa dipakai PDIP dan Golkar yang masih percaya dengan kekuatan petahana untuk meraih kursi.

Sementara itu, Partai Berkarya besutan Hutomo Mandala Putra mengandalkan politisi senior yang pernah menjadi Bupati Wonogiri, Begug Poernomosidi. Begug akan bersaing dengan sesama mantan Bupati Wonogiri lainnya yang diusung PDI Perjuangan yakni Danar Rahmanto.

PETAHANA DAPIL JATENG IV 

Partai Politik 

Petahana 

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Bambang Wuryanto 
Agustina Wilujeng Pramestuti 
Partai Golkar Endang Maria Astuti 
Partai Gerindra Rahayu Saraswati Djojohadikusumo 
Partai Demokrat Rinto Subekti 
Partai Amanat Nasional Laila Istiana 
Partai Keadilan Sejahtera Martri Agoeng 

   PEMILIH DAPIL JATENG IV 

Kabupaten/Kota 

DPT 

Wonogiri 869.824 
Sragen 776.900 
Karanganyar 695.027 

Total 

2.341.751 

   Sumber: DPR, KPU

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

daerah pemilihan dapil Pemilu 2019
Editor : Stefanus Arief Setiaji
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top