Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KENAL DAPIL : Marwan Jafar Motor PKB di Dapil Jateng III

Partai kebangkitan Bangsa (PKB) berharap banyak kepada Marwan Jafar merujuk pada hasil kontestasi 5 tahun silam di Daerah Pemilihan Jawa tengah III.

Kabar24.com, JAKARTA — Setelah dicopot dari jabatan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi pada Juli 2016, Marwan Jafar lebih aktif di Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB.

Tak mengejutkan bila nama Marwan kembali tercantum sebagai calon anggota legislatif (caleg) di Daerah Pemilihan Jawa Tengah III pada Pileg 2019. Dari dapil itulah dia melenggang ke Senayan pada Pileg 2014 sebelum akhirnya masuk Kabinet Kerja. Posisinya di DPR digantikan oleh Arvin Hakim Thoha.

Di Dapil Jateng III, PKB berharap banyak kepada Marwan merujuk pada hasil kontestasi 5 tahun silam. Jebolan Universitas Islam Indonesia tersebut meraup 123.447 suara, terbanyak di antara sembilan caleg terpilih lainnya.

Meski demikian, PKB bukanlah penguasa Dapil Jateng III yang mencakup Kabupaten Grobogan, Kabupaten Pati, Kabupaten Blora, dan Kabupaten Rembang. Posisi PKB hanya di peringkat keempat di bawah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Golkar, dan Partai Gerindra.

Kehadiran Marwan membuat pertarungan Pileg 2019 agak mirip dengan 5 tahun lalu mengingat seluruh legislator terpilih masuk gelanggang kembali. Bedanya, Gamari Sutrisno yang dahulu di Partai Keadilan Sejahtera (PKS), kini berlabuh ke Partai Amanat Nasional. Begitu pula dengan Sri Wulan yang pindah dari Gerindra ke Partai Nasdem.

Perpindahan Gamari dan Sri Wulan membuat posisi keduanya di DPR digantikan berturut-turut oleh Sutriyono dan Sumarjati Arjoso. Namun, hanya Sumarjati yang tercatat berkontes untuk mempertahankan kursinya.

PETAHANA DAPIL JATENG III 

Partai Politik 

Petahana 

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan 

Evita Nursanty 

Imam Suroso 

Partai Golkar 

Firman Soebagyo 

Partai Demokrat 

Djoko Udjianto  

Partai Gerindra 

Sumarjati Arjoso 

Partai Kebangkitan Bangsa 

Arvin Hakim Thoha 

Partai Keadilan Sejahtera 

Sutriyono 

Partai Nasdem 

Donny Imam Priambodo 

Partai Persatuan Pembangunan 

Muhammad Arwani Thomafi 

 Sumber: DPR 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper