Jokowi Akan Kampanye Terbuka Lintas Pulau, Ini Jadwalnya

Periode kampanye rapat umum atau kampanye terbuka yang akan digelar mulai 24 Maret 2019 hingga 13 April 2019, akan dimanfaatkan oleh capres nomor urut 01 Joko Widodo dengan berkeliling dari Jawa hingga Sulawesi.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 23 Maret 2019  |  14:28 WIB
Jokowi Akan Kampanye Terbuka Lintas Pulau, Ini Jadwalnya
Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Maruf Amin, Erick Thohir berdiskusi dengan awak redaksi saat berkunjung ke Kantor Bisnis Indonesia, di Jakarta, Rabu (23/1/2019). - Bisnis/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA — Periode kampanye rapat umum atau kampanye terbuka yang akan digelar mulai 24 Maret 2019 hingga 13 April 2019, akan dimanfaatkan oleh capres nomor urut 01 Joko Widodo dengan berkeliling dari Jawa hingga Sulawesi.

Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf Erick Thohir merilis agenda keliling dari capres petahana ini selama 24-28 Maret 2019. Erick baru bisa menjelaskan dalam periode waktu satu minggu ini, sebab TKN Jokowi-Ma'ruf perlu mempersiapkan agenda Debat Capres IV pada 30 Maret 2019.

"Tanggal 29 [Maret dan seterusnya] kita keluarkan yang versi minggu depannya, karena saya tahu untuk pembagaian tugas perlu waktu dan permasalahannya kadang-kadang dalam kampanye ini kita itu harus terbang ke dua provinsi dalam satu hari," ujar Erick di Posko Cemara TKN Jokowi-Ma'ruf, Sabtu (23/3/2019).

"InsyaAllah juga ini tidak hanya kampanye capres, nanti juga InsyaAllah kita kasih juga data-data mengenai kampanye cawapres dan tentu para jurkamnas [juru kampanye nasional]. Hari ini kita fokus presiden dulu," tambahnya.

Minggu, 24 Maret 2019

Hari pertama pembukaan kampanye terbuka, Jokowi diagendakan menghadiri kampanye di Gor Ciceri, Serang, Banten pukul 16.00 WIB.

"InsyaAllah akan dimulai dari jam 4, tetapi dari 14.30 WIB, sudah ada kegiatan-kegiatan yang sangat menarik dijalan-jalan. Nanti para parpol koalisi sendiri akan buat panggung-panggung lalu masyarakat relawan juga insyaAllah akan membanjiri," ujarnya.

"Kita juga ada kegiatan pawai akbar disitu nanti kurang lebih 2-2,5 km menuju GOR Ciceri. Nah, ini liputan konten yang menarik buat teman-teman media," tambahnya.

Senin, 25 Maret 2019

Untuk tanggal 25 Maret 2019, Erick menjelaskan Jokowi akan berkampanye di Banyuwangi, Jawa Timur, tepatnya di alun-alun yang berlangsung pada pukul 09.00 - 11.30 WIB.

"Lalu langsung ke Jember ini kurang lebih acaranya jam 01.30 sampai jam 03.30 sore itu di GOR Jember. Dan malamnya karena ini memang kampanye sudah lewat dari jam 6, maka akan tertutup di Malang tepatnya di GOR Ken Arok, itu malam hari," jelasnya.

Selasa, 26 Maret 2019

Keluar dari Pulau Jawa, Jokowi akan mengunjungi Banda Aceh dan berlanjut di Provinsi Riau dengan dua titik dengan satu titik di Kota Pekanbaru.

"Tepatnya di Aceh itu kurang lebih pukul 11.30-01.30 WIB, nanti tepatnya kita infokan lagi. Di Riau di dua titik yang pasti di Pekanbaru dulu, nanti ada satu titik lagi," ungkapnya.

Rabu, 27 Maret 2019

Dari Aceh, Jokowi akan bertolak ke Kota Pontianak, Kalimantan Barat, sekaligus ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan sore harinya.

"Tanggal 27 di Pontianak Convention Center (PCC) itu di pagi hari 09.30-11.30 WIB, lalu InsyaAllah juga ke Kalsel Banjarmasin jam 14.00 WIB itu ada beberapa titik kampanye di Banjarmasin, karena kan waktunya bisa sampai jam 18.00 WIB," ujarnya.

Kamis, 28 Maret 2019

Terakhir, pada 28 Maret 2019 Jokowi diagendakan mendatangi dua Provinsi yang cukup jauh. Yaitu Balikpapan, Kalimantan Timur pada pagi hari, kemudian Mamuju, Sulawesi Barat di sore harinya.

"Tanggal 28 kita ke Kaltim Balikpapan, lalu terbang lagi di hari yang sama ke Sulbar Mamuju," tutup Erick.

Tetapi di samping jadwal yang telah dipaparkan, Erick mengungkapkan bahwa TKN Jokowi-Ma'ruf akan mengeluarkan konsep-konsep kampanye dengan inovasi yang nantinya akan menjadi kejutan.

"Salah satunya konsep daripada panggung sendiri bagaimana kita ingin paslon kita dekat dengan rakyat sesuai dengan filososfinya beliau. Jadi bukan sesuatu yang nanti dibilang pencitraan lah, apa, tapi beliau memang maunya dekat dengan rakyat," ungkap Erick.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jokowi, Pilpres 2019, Kampanye Terbuka

Editor : Akhirul Anwar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top