Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KBRI PERU : Berondong Jagung, Kursus Bahasa, dan UMKM

Bisnis.com, JAKARTA - Marinna Estella Anwar Bey, Duta Besar RI untuk Peru merangkap Bolivia, seringkali merindukan cita rasa kuliner Indonesia.
Duta Besar Indonesia LBBP untuk Peru Merangkap Bolivia Marina Estella Anwar Bey./Bisnis-Istimewa
Duta Besar Indonesia LBBP untuk Peru Merangkap Bolivia Marina Estella Anwar Bey./Bisnis-Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Bertugas di tempat yang jauh dari negeri asalnya membuat Marinna Estella Anwar Bey, yang sekarang menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Peru merangkap Bolivia ini, seringkali merindukan cita rasa kuliner Indonesia.

Beruntung, di tempatnya bertugas saat ini ternyata ada beberapa jenis makanan yang mirip dengan kuliner Indonesia seperti berondong jagung, keripik pisang, keripik singkong, keripik ubi, dan beberapa jenis makanan lainnya.

“Peru juga memiliki kuliner seperti nasi goreng, dan nasi kuning yang rasanya masih dapat diterima oleh lidah orang Indonesia,” ujarnya kepada Bisnis, awal pekan ini.

Tidak hanya beberapa jenis kuliner yang mirip, dia mengatakan bahwa Peru dan Bolivia pun memiliki berbagai jenis tanaman buah dan sayur, serta fauna yang mirip dengan Indonesia. Hal itu disebabkan kondisi cuaca di kedua negara yang juga hampir sama.

Meskipun Peru dan Bolivia banyak kemiripan, sangat disayangkan bahwa masyarakat di kedua negara tersebut masih banyak yang belum mengenal Indonesia. Oleh sebab itu, peningkatan kerja sama di bidang sosial dan budaya dianggap sangat penting.

Di bidang sosial budaya, Marina menuturkan bahwa KBRI berupaya meningkatkan people-to-people contact melalui pemberian kursus Bahasa Indonesia yang dimulai sejak 2016 dan kursus tari yang dimulai sejak 2018, baik bagi mahasiswa maupun masyarakat Peru.

Program yang dijalankan itu pun telah menunjukkan dampak positif yang tecermin dari banyaknya masyarakat Peru yang tertarik berkunjung ke Indonesia.

Program beasiswa yang diberikan Kemendikbud juga banyak peminatnya. Di antara mereka bahkan ada yang melaksanakan program magangnya dengan mengajar Bahasa Indonesia di universitasnya.

“Untuk menciptakan keakraban dengan masyarakat Peru, KBRI Lima juga selalu melibatkan mahasiswa dan masyarakat Peru dalam berbagai kegiatan peringatan hari Kemerdekaan RI, kegiatan olahraga, Idulfitri dan acara KBRI lainnya,” ungkapnya.

Selama mengemban tugas sebagai duta besar, wanita yang hobi jalan-jalan menikmati pemandangan ini mengatakan bahwa ada banyak hal menarik dari Peru dan Bolivia yang bisa ditiru dan dipelajari oleh Indonesia.

Di Peru misalnya, pemerintah sangat serius untuk mengembangkan pasar tradisional dan toko-toko kecil. Program tersebut pun berhasil membuat UMKM di Peru menjadi lebih berkembang.

Selain itu, perhatian pemerintah Peru yang besar terhadap tata kota juga patut ditiru oleh pemerintah Indonesia. Kota Lima sebagai Ibu Kota Peru membangun sangat banyak taman rekreasi dan fasilitas olahraga. Ini dilakukan terutama untuk lapangan sepak bola bagi warganya. Itulah sebabnya Peru unggul dalam olahraga sepak bola.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Bisnis Indonesia
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper