Sarang Kelompok Teroris MIT Terdeteksi, Satgas Tinombala Blokir Jalur Logistik

Tim Gabungan Satgas Tinombala berhasil mendeteksi keberadaan kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora yang ada di antara wilayah Kabupaten Poso dan Kabupaten Parigi Moutong Sulawesi Tengah.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 25 Februari 2019  |  16:54 WIB
Sarang Kelompok Teroris MIT Terdeteksi, Satgas Tinombala Blokir Jalur Logistik
Personel Brimob yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Operasi Tinombala 2017 memeriksa kendaraan yang melintas di Pos Pengamanan di Desa Sedoa, Kecamatan Lore Utara, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Minggu (2/4). - Antara/Mohamad Hamzah
Bisnis.com,  JAKARTA -Tim Gabungan Satgas Tinombala berhasil mendeteksi keberadaan kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora yang ada di antara wilayah Kabupaten Poso dan Kabupaten Parigi Moutong Sulawesi Tengah. Jalur logistik mereka kini diblokir.
 
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo, mengungkapkan Satgas Tinombala menemukan sejumlah jejak yang diduga ditinggalkan oleh kelompok teroris tersebut seperti beberapa pakaian, peralatan hutan, alat penerangan hingga alat komunikasi di tengah hutan antara Poso dan Parigi Moutong Sulawesi Tengah.
 
"Hasil pengejaran tim Satgas Tinombala sudah makin mendeteksi kelompok Ali Kalora. Ada banyak temuan yang didapatkan oleh Satgas untuk menemukan Ali Kalora dan kelompoknya ini," tuturnya, Senin (25/2/2019).
 
Dedi mengungkapkan bahwa Tim Satgas Tinombala akan mempersempit ruang gerak kelompok teroris MIT dengan cara memperketat pengawasan di jalur logistik teroris tersebut. Selain itu, menurut Dedi, tim Satgas Tinombala juga sudah melakukan sejumlah upaya persuasif kepada pihak keluarga teroris MIT.
 
"Jalur logistik mereka akan kita jaga ketat agar bisa menyudutkan ruang gerak kelompok itu," katanya.
 
Dia mengimbau agar kelompok teroris MIT segera menyerahkan diri dan tidak melakukan perlawanan kepada petugas. Menurut Dedi, jika teroris pimpinan Ali Kalora itu melakukan perlawanan, maka petugas akan mengambil tindakan tegas dan terukur.
 
"Masyarakat juga akan kita sosialisasikan agar memberikan informasi jika ada kelompok itu. Satgas masih terus bekerja melakukan pengejaran," ujarnya.
 
Berikut nama 14 DPO Tindak Pidana Terorisme Pimpinan Ali Kalora:
 
1. Ali Ahmad alias Ali Kalora
 
2. Basir alias Romzi
 
3. Abu Alim alias Ambo
 
4. Mohammad Faizal alias Namnung
 
5. Askar alias Jaid alias Pak Guru
 
6. Qatar alias Farel alias Anas
 
7. Nae alias Galih alias Mukhlas
 
8. Alhaji Kaliki alias Ibrohim
 
9. Rajif Gandi Sabran alias Rajes
 
10. Adtya alias Idad alias Kuasa
 
11. Alvin alias Adam alias Mus'ab alias Alvin Anshori
 
12. Alqindi Mutaqien alias Muaz
 
13. Jaka Ramadan alias Ikrima alias Rama
 
14. Andi Muhammad alias Abdullah alias Abdurrahman Al Makasari

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Kelompok Santoso, Operasi Tinombala

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top