Sandi Disambut dengan Tarian Penyambutan Raja di Maumere NTT

Selepas mengikuti sejumlah kegiatan di Kota Makassar Sulawesi Selatan, Calon Wakil Presiden (cawapres) nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno (Sandi) melanjutkan perjalanannya ke Nusa Tenggara Timur (NTT).
Yusran Yunus
Yusran Yunus - Bisnis.com 25 Februari 2019  |  10:04 WIB
Sandi Disambut dengan Tarian Penyambutan Raja di Maumere NTT
Cawapres Sandiaga Salahuddin Uno, tampak mengangkat seorang anak yang ikut menyambut kedatangannya di Bandara Frans Seda Maumere, Senin pagi - ist

Bisnis.com, JAKARTA - Selepas mengikuti sejumlah kegiatan di Kota Makassar Sulawesi Selatan, Calon Wakil Presiden (cawapres) nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno (Sandi) melanjutkan perjalanannya ke Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sandi tiba di Bandara Udara Frans Seda Maumere dari Makasar pukul 07.45 WITA, Senin (25/2/2019).  

Pernyataan pers Media Center Prabowo-Sandi menyebutkan mengenakan baju biru dan celana item, Sandi disambut dengan tarian Soka Papak, tari pengawalan atau tari penyambutan.

Sejak zaman kerajaan dulu, tarian Soka Papak digunakan untuk menyambut raja atau ratu yang datang mengunjungi daerah -daerah di wilayah Sikka Maumere.

Perempuan dari berbagai usia, mengenakan baju Ungu dengan kain tenun khas Maumere sambil memegang potongan kayu di kedua tangannya, dengan ujung asesoris dari bulu kuda. Sandi tampak menikmati tarian dengan musik Maumere itu. Sesekali para penari mengeluarkan suara-suara pemompa  semangat.

"Ini kekayaan budaya yang harus diapresiasi. Indonesia begitu kaya dan beragam, ini harus  dijaga. Ini yang kita sebut dengan glokal, berfikir global dengan kearifan lokal," ujarnya melalui keterangan resminya.

Menurut Sandi, tarian unik Soka Papak bisa menyerap lapangan kerja. “Luar biasa kayanya Indonesia  dengan budayanya. Ini kekuatan untuk menyerap lapangan kerja dan selalu belajar dengan kearifan lokal. Ini harus terus kita jaga. Warisan budaya leluhur yang membuat Indonesia unik,” kata Sandi.

Selama di Maumere, Sandi dijadwalkan akan bertemu dengan masyarakat UMKM, nelayan dan penggiat OK OCE.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Sandiaga Uno

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top