Begini Cara Dubes Tantowi Menggugah Nasionalisme WNI di Selandia Baru

Dubes RI di Selandia Baru punya cara tersendiri mengingatkan warga negara Indonesia di luar negeri tentang pentingnya nasionalisme.
Saeno
Saeno - Bisnis.com 24 Februari 2019  |  15:25 WIB
Begini Cara Dubes Tantowi Menggugah Nasionalisme WNI di Selandia Baru
Dubes RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya bernyanyi bersama warga. Nasionalisme tak hanya disampaikan dalam acara yang formal. - Bisnis/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Nasionalisme menjadi hal penting untuk selalu diingat dan dilaksanakan, terlebih bagi WNI yang berada di luar negeri.

Dubes RI Tantowi Yahya punya cara dalam mengingatkan WNI di Selandia Baru untuk tidak melupakan nasionalisme Indonesia.

Tantowi yang memiliki kebiasaan mengunjungi warga negara Indonesia yang tersebar di berbagai kota di Selandia Baru tak lupa menyelipkan soal nasionalisme dalam setiap pertemuan. Penyampaian tak harus selalui dalam suasana formal, dalam situasi santai pun Tantowi bisa melakukannya.

Pertemuan dengan WNI di Selandia Baru dipergunakan Tantowi untuk mendengarkan permasalahan yang mereka hadapi. Pada saat yang sama, Tantowi juga menyampaikan berbagai informasi pemerintah yang perlu diketahui warganya.

Sabtu (23/2/2019) Dubes yang berasal dari Partai Golkar ini mengunjungi WNI yang tinggal di Bay of Plenty, kawasan yang berada di Pulau Utara Selandia Baru.

Mengambil tempat di balai pertemuan di Tauranga, Tantowi melakukan pertemuan dengan kurang lebih 50 warga Indonesia. Pertemuan berlangsung dalam suasana yang sangat santai dan penuh kekeluargaan.

"Pemilu 2019 dan Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM) yang baru adalah dua hal penting yang disampaikan," ujar Tantowi dalam keterangannya kepada Bisnis, Minggu (24/2/2019).

Warga Indonesia termasuk pasangan mereka yang berasal dari Selandia Baru mendengar dan merespons dengan antusias.

Dubes yang dikenal memiliki latar belakang seni ini juga mengajak untuk menjaga silaturahmi, kekompakan dan saling tolong menolong sesama warga Indonesia di perantauan.

"Jangan tinggalkan sifat kita yang senang gotong royong, berbeda-beda namun satu" pinta Tantowi dalam sambutannya.

Kesempatan pertemuan seperti ini tidak pernah dilewatkan warga untuk nodong Dubes Tantowi untuk menyanyi. Permintaan ini selalu dipenuhi mantan penyanyi Country ini dengan suka cita.

"Ini pertemuan yang menyenangkan karena selama hampir 25 tahun kami di sini, baru kali ini Dubes datang mengunjungi kami di Tauranga" jelas Intut dan Lisda, dua warga Indonesia yang sudah bermukim lama di Selandia Baru.

"Pak Tantowi asik orangnya, tidak berjarak dengan kami warganya. Mudah-mudahan bisa lama di sini" ujar Aida yang sudah tinggal lebih dari 15 tahun Selandia Baru.

"Warga Indonesia di luar negeri adalah aset. Mereka representasi bangsa kita. Tugas saya di samping melindungi, juga menjaga nasionalisme dan kecintaan mereka terhadap tanah airnya, Indonesia" tutup Tantowi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
selandia baru, tantowi yahya, nasionalisme

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup