Ada Supermoon Malam Ini, Sayang Sejumlah Wilayah di Jakarta Diperkirakan Hujan

Sejumlah wilayah di ibu kota diprediksi akan mengalami hujan dan cuaca berawan saat supermoon terjadi, Selasa (19/2/2019) malam. Supermoon malam ini akan menjadi yang terbesar bisa dilihat masyarakat karena bulan berada di titik terdekat dengan bumi.
Lalu Rahadian
Lalu Rahadian - Bisnis.com 19 Februari 2019  |  18:58 WIB
Ada Supermoon Malam Ini, Sayang Sejumlah Wilayah di Jakarta Diperkirakan Hujan
Supermoon - NASA

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah wilayah di ibu kota diprediksi akan mengalami hujan dan cuaca berawan saat supermoon terjadi, Selasa (19/2/2019) malam.
Supermoon malam ini akan menjadi yang terbesar bisa dilihat masyarakat karena bulan berada di titik terdekat dengan bumi.

Berdasarkan prakiraan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pada malam munculnya supermoon hujan akan turun di Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Barat. Sementara kondisibdi Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu diprediksi berawan.

Hujan ringan juga diprediksi BMKG turun di sejumlah wilayah pada Provinsi Jawa Barat seperti Bekasi, Bandung, Banjar, Ciamis, Cirebon, Garut, Ciamis, dan Tasikmalaya. Pada provinsi Jawa Timur, hujan lokal diperkirakan mengguyur sejumlah daerah diantaranya Tuban, Surabaya, Sidoarjo, Malang, Madiun, dan Pasuruan.

Melansir BMKG, bulan akan berada di jarak 363.300 kilometer dari bumi hari ini. Ukuran bulan menjadi lebih besar jika dilihat manusia. "Saat purnama perige terjadi, ukuran Bulan menjadi lebih besar 14% dari saat purnama apoge [jarak terjauh bulan dari bumi saat orbit]," tulis BMKG.

Tingkat kecerlangan bulan purnama saat supermoon akan lebih cerah 30% dibanding saat purnama apoge.

Berdasarkan perkiraan BMKG, bulan akan berada di perige mulai pukul 16.02 WIB. Adapun fase purnama akan mencapai puncak pukul 22.53 WIB dan bisa diamati di seluruh langit Indonesia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
supermoon

Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top