KPU Pastikan Jokowi & Prabowo Tidak Gunakan Alat Bantu Earpiece Saat Debat

Komisi Pemilihan Umum memastikan peserta debat baik itu Joko Widodo dan Prabowo Subianto tidak menggunakan alat bantu apapun termasuk earpiece.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 18 Februari 2019  |  13:47 WIB
KPU Pastikan Jokowi & Prabowo Tidak Gunakan Alat Bantu Earpiece Saat Debat
Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kedua kanan) dan Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kanan) berfoto bersama moderator debat Tommy Tjokro (kiri), dan Anisha Dasuki, usai mengikuti debat capres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). - ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum memastikan peserta debat baik itu Joko Widodo dan Prabowo Subianto tidak menggunakan alat bantu apapun termasuk earpiece.

“Capres 01 dan 02 tidak ada yang menggunakan alat bantu. Jadi clear seperti itu,” kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan saat dihubungi wartawan, Senin (18/2/2019).

Sebelumnya beredar kabar bahwa Capres Petahana Jokowi menggunakan alat bantu saat debat. Ini kemudian menjadi viral di media massa. Dalam unggahan di Facebook, salah satu akun menganalisa gerak-gerik Jokowi.

Capres nomor urut 01 ini terlihat menekan jari telunjuk ke telinga dan menekan-nekan pulpen. Dari analisa tersebut, akun itu menduga bahwa Jokowi menggunakan alat bantu. Belum diketahui siapa penyebar pertama.

Sementara itu Wahyu menjelaskan bahwa apabila ada pelanggaran dalam debat, dia sarankan lapor ke Badan Pengawas Pemilu. Ini berdasarkan hasil kesepakatan bersama.

“Ya karenakan begini, debat capres cawapres itukan salah satu metode kampanye. Sehingga kalau ada dugaan pelanggaran pelaporannya kepada Bawaslu,” jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jokowi, prabowo subianto, Debat Capres, Pilpres 2019

Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top