Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Teten Silakan Sudirman Said Buka Hasil Audit Petral, Jokowi Tunda Serahkan ke KPK?

Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki mempersilakan mantan menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said, untuk membuka hasil audit Pertamina Energy Trading Limited atau Petral ke masyarakat.
Teten Masduki./Antara
Teten Masduki./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki mempersilakan mantan menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said, untuk membuka hasil audit Pertamina Energy Trading Limited atau Petral ke masyarakat.

"Hasil audit itu setahu saya mestinya sudah di KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). Pak Dirman juga mungkin masih pegang, silakan aja dibuka ke publik," katanya lewat pesan singkat, Minggu (17/2/2019).

Selain itu, Teten membantah cerita Sudirman yang mengaku diperintahkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi lewat seseorang untuk menunda menyerahkan laporan hasil audit anak perusahaan PT Pertamina itu ke KPK.

"Setahu saya tidak seperti itu," ucapnya.

Teten menjelaskan Jokowi justru berkali-kali memerintahkannya bertanya ke Sudirman perihal perkembangan audit Petral. Namun, ia enggan membeberkan jawaban yang Sudirman berikan padanya.

Teten meminta bertanya langsung kepada Direktur Materi dan Debat lawan Jokowi di pemilihan presiden, pasangan calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto - Sandiaga Uno itu.

Sebelumnya, Sudirman mengatakan pernah diperintahkan untuk menunda menyerahkan hasil audit Petral ke KPK pada 2015 lalu. Ia mengaku perintah itu datang dari Jokowi yang disampaikan lewat seseorang.

Sudirman menyebut beberapa menteri Kabinet Kerja saat itu malah menyarankan Jokowi agar langkah pelaporan itu tak diambil. Dalam sebuah rapat terbatas, kata dia, beberapa menteri meminta Presiden Jokowi tak terlalu 'keras' karena khawatir mendapat serangan balik.

Teten mengatakan tak masuk akal jika Jokowi meminta Sudirman Said untuk tidak melaporkannya ke KPK. Alasannya lembaga antirasuah itu secara otonom bisa menindaklanjuti hasil audit Petral tersebut.

"Petral masalah pemerintahan yang lalu-lalu tidak ada konflik kepentingan dengan Pak Jokowi," kata mantan Kepala Staf Presiden ini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper