Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Heboh Video Dukung Prabowo dari Markas PBB New York. Shootingnya di Plaza UN, bukan di Markas PBB

Heboh video dukung Prabowo yang diklaim dari markas Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York, ternyata dilakukan di gedung sebuah LSM bernama World Federation of United Nations Associations (WFUNA) bukan di Markas Besar PBB.

Bisnis.com, JAKARTA – Heboh video dukung Prabowo yang diklaim dari markas Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York, ternyata dilakukan di gedung sebuah LSM bernama World Federation of United Nations Associations (WFUNA) bukan di Markas Besar PBB.

Berdasarkan keterangan dari  Perutusan Tetap Republik Indonesia (PTRI) New York melalui akun twitternya @indonesiaunny, orang yang divideokan itu adalah pendamping kelompok pemuda Indonesia yang sedang mengikuti kompetisi debat di WFUNA.

"Yang bersangkutan adalah pendamping kelompok pemuda dari Indonesia yang sedang di New York melakukan kegiatan kompetisi debat yang diselenggarakan LSM WFUNA dan bukan merupakan kegiatan yang dilakukan PBB," tulis twitter itu.

Berdasarkan penelurusan Bisnis terhadap keberadaan WFUNA di laman resminya wfuna.org, LSM itu memang bermarks di United Nations Plaza atau lebih populer dengan nama UN Plaza. Lokasinya berseberangan dengan markas besar PBB (lihat peta).

Jadi adalah keliru kalau kemudian video itu mengklaim diambil di markas PBB. Ada pun logo yang seolah-olah mirip lambang PBB  di latar belakang hiasan dinding adalah logo WFUNA, yang memang mirip dengan lambang Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Heboh Video Dukung Prabowo dari Markas PBB New York. Shootingnya di Plaza UN, bukan di Markas PBB

PTRI New York juga mengingatkan akan aturan dan etika yang harus dipatuhi ketika menggunakan ruang Majelis Umum PBB.

"PTRI New York ingin mengingatkan adanya turan dan etika yang harus dipatuhi terkait penggunaan ruang Majelis Umum PBB sesuai dengan aturan Administratif Sekretariat PBB ST/AI/416," tuturnya.

Klarifikasi ini muncul setelah beredarnya video dukungan seorang pria yang berada di markas PBB New York terhadap pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Dari markas PBB New York ada suara dukungan untuk Prabowo/Sandi. Video diposting di Youtube 11 Februari 2019 oleh akun MARKAS ALUMNI 212
"Dari markas besar Persatuan Bangsa-Bangsa, United Nations headquarter, saya ingin menyampaikan dukungan saya kepada Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahudin Uno menjadi presiden dan wakil presiden Indonesia periode 2019-2014," kata pria tersebut dalam video yang diunggah oleh akun Twitter @putrabanten80.

Pria tersebut lalu melanjutkan, "Insyaallah kita punya kekuatan, kita punya power untuk mewujudkan Indonesia ganti presiden, Indonesia Prabowo presiden, Insyaallah."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sutarno
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper