Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Sindiran Tajam Komedian Hasan Minhaj di Netflix Soal Pembunuhan Jamal Khashoggi

Dalam episode tersebut Minhaj selaku pembawa acara yang juga seorang Muslim menyinggung bagaimana Arab Saudi menyikapi kematian jurnalis Jamal Khashoggi yang tewas di konsulat Saudi di Istanbul, Turki.
Hasan Minhaj host acara Patriot Act/netflix.com
Hasan Minhaj host acara Patriot Act/netflix.com

Bisnis.com, JAKARTA - Hasan Minhaj pembawa acara Patrioc Act di saluran streaming Netflix melancarkan sindiran tajam atas kematian Jamal Khashoggi.

Dalam episode tersebut Minhaj yang dikenal sebagai seorang komik (istilah untuk komedian seorang diri atau stand up commedy) yang juga seorang Muslim menyinggung bagaimana Arab Saudi menyikapi kematian jurnalis Jamal Khashoggi yang tewas di konsulat Saudi di Istanbul, Turki.

Saudi berjuang untuk menjelaskan kematiannya: Mereka mengatakan dia meninggalkan konsulat dengan aman, kemudian mereka menggunakan badan ganda untuk membuatnya tampak seperti 'hidup'," kata Minhaj dalam tayangan tersebut sebagaimana dikutip CNN, Rabu (2/1/2019).

Minhaj juga mengkritik pernyataan kerajaan Arab Saudi yang terus berubah-ubah terkait kematian Khashogi. Pemerintah Arab Saudi memang sempat menyebut kematian kolumnis The Washington Post itu adalah suatu kecelakaan yang tak disengaja. Mereka mengatakan Khashoggi tewas dalam baku hantam sebelum meralat bahwa Khashoggi dibunuh secara sengaja."Satu-satunya yang tidak mereka katakan adalah Khashoggi meninggal dalam kecelakaan panjat tebing yang ia lakukan sendiri secara gratis," lanjut Minhaj, menyindir pemerintah Arab Saudi.

Sindiran tajam itu mewarnai penarikan salah satu episode tayangan komedi layanan streaming asal Amerika Serikat Netflix yang diprotes otritas Arab Saudi.

CNN.com melaporkan bahwa pihak Netflix telah memblokir salah satu episode "Patriot Act" yang dibawakan Hasan Minhaj di Arab Saudi setelah Kementerian Komunikasi dan Informasi setempat mengatakan episode tersebut melanggar undang-undang siber.

"Kendati tak lagi tersedia di wilayah Arab Saudi, Netflix menyatakan tayangan tersebut masih dapat diakses di wilayah lain. Dalam pernyataan resminya, Netflix mengungkapkan bahwa mereka menghapus episode tersebut setelah menerima permintaan legal yang sah dari Arab Saudi.

Netflix menambahkan bahwa otoritas Saudi mengancam mereka dengan tuntutan pelanggaran hukum kejahatan dunia maya yang bisa membuat perusahaan tersebut mendapat hukuman denda senilai US$800 ribu.

Seorang perwakilan Netflix mengatakan kepada CNN bahwa episode itu telah tayang di Saudi sejak Oktober dan penarikan dilakukan setelah pihaknya menerima protes dari otoritas Saudi.

Satu-satunya yang tidak mereka katakan adalah Khashoggi meninggal dalam kecelakaan panjat tebing yang ia lakukan sendiri secara gratis...

Perwakilan itu menambahkan bahwa permintaan penghapusan hanya terbatas di situs Netflix. Episode yang dimaksud masih tersedia secara global di saluran YouTube resmi acara tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Sumber : CNN
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper