2019, E-Budgeting Diterapkan Serentak di Jabar

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan sistem E-budgeting akan diterapkan mutlak di Pemprov dan 27 kabupaten/kota pada 2019 mendatang.
Wisnu Wage Pamungkas | 06 Desember 2018 10:23 WIB
Ridwan Kamil - Bisnis/Wisnu Wage

Bisnis.com, BANDUNG—Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan sistem E-budgeting akan diterapkan mutlak di Pemprov dan 27 kabupaten/kota pada 2019 mendatang.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan pihaknya menekankan penerapan E-budgeting dalam rapat bersama jajaran Asisten 3 Bidang Administrasi Setda Jabar. “E-budgeting wajib kita pakai 2019. Juga kota kabupaten lainnya,” kata Emil, sapaan Ridwan Kamil, di Gedung Sate, Bandung, Kamis (6/12/2018).

Menurut Emil pihaknya juga sudah menugaskan Inspektorat untuk memastikan zona kepatuhan baik organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov maupun daerah terkait pelaporan keuangan dengan kriteria merah, kuning, hijau.

“Mana daerah-daerah yang masih zona daerah merah, kuning, hijau dan gabungan. Nilainya WTP dan tidak WTP, ” tuturnya.

Ini juga terkait laporan kinerja pemerintah daerah dan penilaian baku lainnya di daerah tersebut. Upaya ini menurut Ridwan Kamil merupakan niatnya dalam lima tahun mengangkat daerah dengan standar tinggi. “Bisa WTP semua [walau] hanya satu aspek,” katanya.

Pihaknya akan menerapkan kriteria ketat karena akan berujung pada besaran bantuan keuangan yang akan diberikan pada daerah. “Yang zona hijau ada bonusnya, zona merah banyak diskonnya, ini mulai berlaku 2020,” ujarnya. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jawa barat, ridwan kamil

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top