Kunjungi Lokasi Penembakan, Presiden Trump Disambut Ratusan Pengunjuk Rasa

Meski kehadirannya ditolak oleh sebagian warga Pittsburgh, AS, tapi Presiden AS Donald Trump tetap datang ke kota itu untuk melihat langsung situasinya setelah terjadi aksi penembakan pada akhir pekan lalu.
Annisa Margrit | 31 Oktober 2018 09:03 WIB
Presiden AS Donald Trump dan Melania Trump mengunjungi sinagog Tree of Life, lokasi penembakan yang menewaskan 11 orang pada akhir pekan lalu, didampingi oleh Rabi Jeffrey Myers di Pittsburgh, AS, Selasa (30/10). - Reuters/Kevin Lamarque

Bisnis.com, JAKARTA – Meski kehadirannya ditolak oleh sebagian warga Pittsburgh, AS, tapi Presiden AS Donald Trump tetap datang ke kota itu untuk melihat langsung situasinya setelah terjadi aksi penembakan pada akhir pekan lalu.

Trump disambut oleh ratusan pengunjung rasa yang berkumpul di jalanan sembari meneriakkan slogan menentangnya. Dalam kunjungan yang dilakukan Selasa (30/10/2018) waktu setempat itu, Trump didampingi Melania Trump, Ivanka Trump, Jared Kushner, dan Menteri Keuangan AS Steve Mnuchin.

BBC melansir Rabu (31/10), rombongan disambut oleh Rabi Jeffrey Myers di sinagog Tree of Life (Pohon Kehidupan). Sinagog tersebut menjadi lokasi penembakan oleh Robert Bowers yang menewaskan 11 orang warga Yahudi.

Rombongan Trump disambut oleh ratusan pengunjuk rasa di sinagog tersebut, yang berteriak “President Hate, leave our state (Presiden Kebencian, tinggalkan negara bagian kami)” dan “Words have meaning (Kata-kata memiliki makna)”.

Mereka menentang kebijakan dan pernyataan Trump yang dinilai mendorong gerakan nasionalis kulit putih yang sedang bertumbuh.

Behind the Arc, sebuah gerakan progresif Yahudi, sebelumnya menulis surat yang ditujukan kepada Trump yang isinya menyatakan dia tidak akan diterima di Pittsburg sampai dia menjauhkan diri dari supremasi kulit putih.

Trump juga dipandang merendahkan kelompok minoritas secara keseluruhan, termasuk warga Muslim, komunitas LGBTQ, orang-orang kulit berwarna, dan para penyandang disabilitas.

Walikota Pittsburgh Bill Peduto pun menentang kedatangan Trump dan memintanya untuk datang lain waktu. Dia mengaku ingin memusatkan perhatian dan keamanan kepada komunitas Yahudi di kota itu untuk sementara waktu.

Hari kedatangan Trump juga merupakan hari pertama pemakaman para korban penembakan.

Adapun Bowers sudah ditahan oleh aparat keamanan dan menghadapi 29 tuntutan hukum.

Sumber : BBC

Tag : aksi penembakan di as, Donald Trump
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top