Bertemu Wapres Jusuf Kalla, Wapres AS Mike Pence Ingin Peran Indonesia Ditingkatkan

Wakil Presiden Jusuf Kalla berharap adanya peningkatan hubungan bilateral Indonesia dan Amerika Serikat khususnya dalam kerja sama ekonomi bidang perdagangan.
Lingga Sukatma Wiangga | 26 September 2018 14:00 WIB
Wakil Presiden AS Mike Pence - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA — Wakil Presiden Jusuf Kalla berharap adanya peningkatan hubungan bilateral Indonesia dan Amerika Serikat khususnya dalam kerja sama ekonomi bidang perdagangan.

Harapan tersebut disampaikan Wapres Kalla saat melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence di Hotel Lotte New York Palace, New York, Amerika Serikat.

Dalam pertemuan itu, dibicarakan hubungan baik kedua negara yang diharapkan tetap terjaga.

Seperti diketahui, Indonesia saat ini dihadapkan pada pengaruh perang dagang antara dua negara adidaya, Amerika Serikat dengan China.

“Karena tahun depan 70 tahun hubungan diplomatik dengan Amerika. Kita sebenarnya punya kesempatan dalam perang dagang ini,” ujar JK seperti dikutip dari keterangan resmi Juru Bicara Wakil Presiden RI Husain Abdullah yang diterima, Rabu (26/9/2018).

Pertemuan itu dilakukan di sela-sela kegiatan rangkaian Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa ke-73.

Dalam pertemuan tersebut, JK juga mengutarakan keinginannya agar Indonesia dapat diberikan kesempatan untuk meningkatkan perdagangan kedua negara.

“Karena Indonesia tidak ada persoalan. Itu kita perbaiki, meningkatkan hubungan-hubungan seperti itu,” ujarnya.

Selain itu, masalah politik di Semenanjung Korea, Myanmar dan Afganistan juga turut di singgung dalam pertemuan tersebut.

Kalla mengatakan, Mike Pance menginginkan Indonesia yang mayoritas penduduknya muslim terbesar, dapat memainkan peran lebih baik lagi di kancah internasional.

“Indonesia sebagai negara Islam yang besar, sangat penting, dan dia setuju bahwa Indonesia harus punya peran itu,” tuturnya.

   

Tag : indonesia, jusuf kalla, amerika serikat, Mike Pence
Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top