Menikah Sejak Zaman Perang, Ini Pasangan Suami Istri Tertua Dunia

Masao Matsumoto dan Miyako Matsumoto didaulat menjadi pasangan suami istri tertua di dunia. Pasangan asal Jepang itu sudah menikah sekitar 80 tahun sejak Oktober 1937.
Surya Rianto | 05 September 2018 09:44 WIB
Masao Matsumoto dan Miyako Matsumoto sedang melihat Album di Panti Jompo, Takamatsu. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Masao Matsumoto dan Miyako Matsumoto didaulat menjadi pasangan suami istri tertua secara agregat di dunia. 

Guinness World Records menasbihkan keduanya menjadi pasangan tertua di dunia secara agregat. Saat ini, umur Masao 108 tahun, sedangkan umur Miyako 100 tahun sehingga total agregat usia pasangan itu adalah 208 tahun.

Pasangan asal Jepang itu sudah menikah sekitar 80 tahun sejak Oktober 1937.

Miyako mengatakan, dirinya sangat senang dengan penghargaan itu dan bersyukur telah menjalin hubungan suami-istri yang begitu langgeng dan penuh kesabaran.

"Saya sangat bersyukur sampai harus menangis terharu," ujarnya seperti dikutip Reuters pada Rabu (5/9).

Meskipun, Masao dan Miyako sudah menjalani hubungan suami-istri sekitar 80 tahun, tetapi keduanya belum pernah merayakan pesta pernikahan.

Hal itu disebabkan ketika mereka menikah kondisi Jepang dalam situasi perang. Lalu, Masao pun menjadi prajurit Negeri Samurai yang dikirim ke luar negeri.

Masao pun menilai kondisi itu tidak menjadi halangan untuk membentuk keluarga besar. Saat ini, pasangan Matsumoto itu malah sudah mempunya sekitar 25 cicit.

Hiromi, Putri pasangan Matsumoto, mengatakan, orang tuanya telah memasuki babak akhir kehidupan. Penghargaan sebagai pasnagan suami istri tertua dunia ini adalah sebuah kehormatan.

"Saya ingin mereka [Masao dan Miyako] terus menjalani kehidupan yang damai," ujarnnya.

Di sisi lain, Jepang memang salah satu negara yang memiliki harapan hidup terpanjang di dunia. Data Kementerian Kesehatan Jepang menunjukkan, Negeri Samurai menduduki peringkat ke-2 yang memiliki harapan hidup tertinggi yakni, 84 tahun.

Sebelumnya, rekor pasangan suami istri tertua secara agregat dimiliki oleh Karl Dolven dan Gurdren Dolven. Pasangan asal Norwegia itu memiliki usia agregat 210 tahun, 1 bulan, dan 34 hari. Namun, Gurdren meninggal pada 2004.

Sumber : Reuters

Tag : rekor dunia
Editor : Surya Rianto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top