Jumlah Penerima PKH Akan Terus Naik

Pemerintah berencana menambah jumlah penerima program keluaga harapan (PKH) pada tahun depan.
Edi Suwiknyo | 24 Juni 2018 23:36 WIB
Menteri Sosial Idrus Marham mengikuti rapat kerja dengan Komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (30/1). - ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah berencana menambah jumlah penerima program keluaga harapan (PKH) pada tahun depan.

Menteri Sosial Idrus Marham mengajak rakyat Indonesia menyukuri nikmat pembangunan yang saat ini terus digencarkan pemerintah.

"Saya ingin memberikan berita gembira dari Bapak Presiden Joko Widodo sehubungan dengan PKH efektif yang menurunkan angka kemiskinan, Inshaa Allah tahun 2019 nilai bantuan PKH naik dua kali lipat," ungkap Mensos dalam keterangan resminya, Minggu (24/6/2018)

Dihadapan 1.800 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH), Mensos menjelaskan bahwa saat ini bansos PKH yang disalurkan melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) adalah sebesar Rp1,8 juta.

Pada tahun 2019, pemerintah akan meningkatkan jumlahnya sehingga penerima manfaat dapat meningkatkan taraf hidupnya, memberikan gizi yang baik untuk keluarga, menyekolahkan anak-anak, dan pada jangka panjang dapat mendorong kemandirian keluarga.

"Jadi nanti ibu-ibu menerima minimal Rp2 juta per tahun dan maksimal Rp3,5 juta," terang Mensos disambut twpuk tangan dan senyum para ibu-ibu penerima PKH.

Adapun Idrus menambahkan untuk meningkatkan penghasilan KPM PKH, pemerintah juga berupaya menciptakan mata pencaharian KPM PKH melalui kerja sama dengan Kementerian Perdagangan.

"Jadi pemerintah tidak sekedar memberi bansos saja. Tidak hanya bagi-bagi uang. Tapi lebih dari itu, ada pendampingan kepada penerima manfaat, ada bansos dna subsidi dari kementerian lain yang tujuannya untuk mendorong percepatan pengentasan mereka dari kemiskinan," terang Idrus.

Tag : Idrus Marham
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top