Mensos Beri Motivasi kepada Keluarga Korban Kapal Tenggelam

Menteri Sosial Idrus Marham memberikan dukungan dan motivasi kepada keluarga keluarga korban tenggelamnya KM. Sinar Bangun 5 di Pelabuhan Fery Tiga Ras Simalungun Sumatera Utara.
Amanda Kusumawardhani | 24 Juni 2018 21:01 WIB
Kapal tenggelam - Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA-- Menteri Sosial Idrus Marham memberikan dukungan dan motivasi kepada keluarga keluarga korban tenggelamnya KM. Sinar Bangun 5 di Pelabuhan Fery Tiga Ras Simalungun Sumatera Utara.

"Pada hari ini saya selaku Menteri Sosial hadir di tengah-tengah Bapak Ibu sekalian tentu merupakan bagian integral dari yang sudah dilakukan pemerintah. Atas nama pemerintah kami menyampaikan rasa duka yang mendalam dan kehadiran saya kali ini sekaligus menyampaikan pernyataan duka cita Presiden Pak Joko Widodo," katanya, dikutip dari keterangan resminya, Minggu (24/6).

Dalam pertemuan dengan keluarga korban, dia menyampaikan pemerintah sudah mendatangkan peralatan yang bisa menjangkau 2.000 meter sehingga diharapkan proses pencarian kapal bisa berjalan lancar.

Khusus untuk penanganan bencana, Kementerian Sosial sudah membentuk klaster penanganan kebencanaan yang bertugas di bidang logistik, salah satunya dengan mendirikan dapur umum lapangan.

"Dapur umum ini dikelola oleh Tagana dari Kementerian Sosial bersama TNI Polri, BASARNAS dan Pemda Simalungun," tekannya.

Dan hari ini, Minggu (26/6), pihaknya juga menyerahkan satu mobil lagi untuk digunakan sebagai dapur umum untuk memastikan bahwa keluarga dari orang-orang yang ikut di kapal itu bisa dapat tercukupi kebutuhan logistiknya.

Untuk meringankan penderitaan korban dan mendukung operasional posko, Idrus menyerahkan bantuan sebesar Rp649,6 juta kepada keluarga korban dan Pemerintah Daerah Simalungun.

Bantuan yang diserahkan terdiri dari santunan kepada dua ahli waris korban meninggal masing-masing Rp15 juta senilai 30 juta, sembako kepada keluarga korban 100 paket senilai Rp10 juta, santunan kepada korban selamat untuk 18 orang masing-masing Rp2,5 juta senilai 45 juta, bantuan paket lauk pauk siap saji sebanyak 250 paket senilai Rp63,5 juta, lauk pauk lokal senilai Rp20 juta, sembako untuk ahli waris senilai Rp400 ribu dan satu unit mobil dapur umum lapangan senilai Rp465, 6 juta untuk Dinsos Kabupaten Simalungun.

Selanjutnya, sebagai apresiasi terhadap Tagana, Mensos juga memberikan bantuan transportasi sebesar Rp10 juta.

Selain menyerahkan bantuan, Kemensos juga memberikan Layanan Dukungan Psikososial (LDP) kepada keluarga korban yang belum ditemukan.

"Dengan diberikannya layanan dukungan psikososial, semoga keluarga tidak mengalami kedukaan yang berkepanjangan. Karena kalau melihat hasil pencarian sampai hari ini belum ditemukan tanda-tanda yang mengarahkan keberadaan korban. Itulah pentingnya layanan dukungan psikososial," tandasnya.

Berdasarkan data dari Posko Pencarian Korban KM. Sinar Bangun 5 setidaknya terdapat 205 penumpang saat musibah terjadi. Sebanyak 21 orang telah ditemukan dengan 18 orang selamat dan tiga orang meninggal. Diperkirakan 184 korban lainnya (data di posko bencana sesuai laporan pihak keluarga) belum ditemukan termasuk bangkai kapal.


Tag : kapal tenggelam, Idrus Marham
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top