Arab Saudi Cegat Misil Balistik yang Ditembakkan Kelompok Houthi Yaman

Angkatan Udara (AU) Arab Saudi mencegat misil balistik yang ditembakkan kelompok separatis Al Houthi Yaman ke kota Jazan.
Annisa Margrit | 21 Mei 2018 12:32 WIB
Orang-orang berkumpul di dekat reruntuhan rumah yang hancur karena serangan udara di luar Sanaa, Yaman, Kamis (10/5). - Reuters/Mohamed Al Sayaghi

Bisnis.com, JAKARTA -- Angkatan Udara (AU) Arab Saudi mencegat misil balistik yang ditembakkan kelompok separatis Al Houthi Yaman ke kota Jazan.

Juru bicara koalisi Arab Saudi Turki Al Malki mengatakan militer Arab Saudi menghancurkan misil yang mengarah ke Jazan, di selatan negara itu. Gerilyawan Houthi juga dituding menyasar area permukiman, demikian dilansir dari Reuters, Senin (21/5/2018).

Sebelumnya, kelompok Houthi mengumumkan telah menembakkan misil balistik Badr-1 ke bandara Jazan. Kelompok ini telah menguasai Yaman, termasuk ibukotanya, dan menembakkan sejumlah misil ke Arab Saudi dalam beberapa bulan terakhir.

Misil tidak hanya ditembakkan ke kota-kota di perbatasan, tapi juga ke Riyadh. Sementara itu, koalisi yang dipimpin Arab Saudi meluncurkan ribuan serangan udara ke area yang dikuasai Houthi dan banyak menelan korban sipil.

Perang di Yaman dimulai pada 2015 dan dianggap sebagai perang proxi antara Arab Saudi dan Iran. Meski disebut mendukung Houthi, Teheran telah menyangkal membantu persenjataan kelompok tersebut.

AS turut ikut campur dengan melakukan intervensi di Perang Yaman melawan Houthi, sebagai bentuk dukungan terhadap Presiden Yaman Abd Rabbu Mansour Al Hadi. Al Hadi dan para pejabat pemerintahan Yaman sekarang tinggal di pengasingan di Riyadh.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Perang Yaman

Sumber : Reuters
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top