Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bos Baru CIA: Inilah Fakta dan Kontroversi Tentang Gina Haspel

Presiden AS Donald Trump telah memilih Gina Haspel sebagai bos baru CIA, menggantikan Michael Richard Pompeo yang didapuk menjadi Menlu setelah Tillerson didepak.
Kim Jong Un/Reuters
Kim Jong Un/Reuters

Tiga Tugas Berat

Jika pencalonannya dikonfirmasi Senat, Haspel akan langsung menjalani sejumlah tes terkait kebijakan Amerika, kata tiga pejabat intelijen yang tak mau disebutkan namanya.

Salah satunya adalah apakah dia dan Menteri Pertahanan Jim Mattis dapat mempersiapkan Trump secara memadai untuk rencana pertemuan dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Kedua, kata mereka, adalah jika dia dapat membantu meyakinkan Trump bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin adalah musuh yang semakin agresif. Trump harus diyakinkan bahwa kegagalan menghadapi Putin akan melemahkan hubungan AS dengan sekutu terdekatnya dan dengan mitra CIA yang paling berharga.

"Dia mungkin menghadapi pilihan sulit yang sama seperti dihadapi Tillerson dan yang lainnya: Berpegang pada keyakinan Anda atau menyerah di bawah pekerjaan Anda," kata seorang pejabat keempat.

Iran adalah tes ketiga, kata beberapa pejabat AS tersebut. Pihak intelijen menilai bahwa kesepakatan 2015 untuk mengekang program senjata nuklir Iran dengan imbalan memadai adalah capaian yang baik.

Sebaliknya, kritik Trump pilihan itu justru mengancam upaya untuk membatasi ambisi nuklir Iran dan akan terkait dengan negara-negara lain yang terlibat dalam negosiasi nuklir Iran seperti China, Prancis, Jerman, Inggris dan Rusia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Sebelumnya
Luka Lama Amerika
Halaman Selanjutnya
Dukungan untuk Haspel
Penulis : Saeno
Editor : Saeno
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper