Michael McCormack Mantan Jurnalis yang Jadi Wakil Perdana Menteri Australia

Michael McCormack menjadi wakil perdana menteri baru Australia, menggantikan Barnaby Joyce yang mengundurkan diri pekan lalu menyusul skandal perselingkuhannya.
Renat Sofie Andriani
Renat Sofie Andriani - Bisnis.com 26 Februari 2018  |  10:18 WIB
Michael McCormack Mantan Jurnalis yang Jadi Wakil Perdana Menteri Australia
Michael McCormack - news.co.au

Kabar24.com, JAKARTA – Michael McCormack menjadi wakil perdana menteri baru Australia, menggantikan Barnaby Joyce yang mengundurkan diri pekan lalu menyusul skandal perselingkuhannya.

McCormack, 53, seorang mantan jurnalis dan pebisnis yang kurang populer di mata umum, meraih posisi tersebut setelah hari ini terpilih sebagai pemimpin The Nationals, mitra junior di pemerintahan koalisi Perdana Menteri Malcolm Turnbull.

“Saya ingin memastikan orang-orang tahu bahwa mereka memiliki seorang pejuang di dalam diri saya,” ujar McCormack, yang telah menduduki kursi di parlemen sejak 2010, kepada wartawan setelah mengalahkan George Christensen dalam sebuah pemungutan suara politisi nasional.

“Saya memiliki tantangan besar di depan saya,” lanjutnya, seperti dikutip Bloomberg.

Penunjukan McCormack diharapkan menjadi pemutus arus bagi pemerintahan Liberal-Nasional setelah perselingkuhan Joyce mendominasi headline surat kabar selama berpekan-pekan dan membawa raihan suara untuk partai oposisi utama Partai Buruh turun lebih jauh dalam jajak pendapat.

Turnbull perlu memusatkan perhatiannya meraih suara pemilih atas agenda kebijakannya, termasuk pemotongan pajak korporat dan pribadi, menjelang pemilihan umum yang dijadwalkan digelar tahun depan.

“Sebelum skandal itu meledak, partai koalisi melakukan pekerjaan dengan baik dalam menjaga fokus atas pesan intinya terhadap manajemen ekonomi, jadi sekarang dengan seorang wakil pemimpin baru, seharusnya agenda legislatif dapat kembal tegak dan berlanjut,” kata Zareh Ghazarian, seorang analis politik di Monash University.

Sementara itu, Joyce, yang memimpin The Nationals berbasis pedesaan selama dua tahun, akan tetap berada di parlemen. Setelah skandal perselingkuhannya pecah bulan ini, ayah empat anak berusia 50 tahun ini akan menyambut seorang anak dengan pasangan barunya, sekaligus mengakhiri pernikahannya selama 24 tahun.

Turnbull, yang kembali ke Canberra pada hari Senin setelah mengunjungi AS untuk pembicaraan perdagangan dan pertahanan dengan Presiden Donald Trump, mengungkapkan kegembiraannya dengan pengangkatan McCormack. Wakil pemimpin baru ini juga akan mengambil alih portofolio infrastruktur dan transportasi Joyce.

“Partai Liberal telah bekerja sama dengan The Nationals selama lebih dari 70 tahun. Kemitraan politik kami yang bertahan lama dan sukses akan berlanjut di bawah kepemimpinan Michael dari Partai Nasional,” ujar Turnbull dalam sebuah pernyataan.

Sehubungan dengan skandal itu, Turnbull telah merombak kode etik para menteri pemerintah dan melarang mereka melakukan hubungan seksual dengan staf mereka.

Sejak memasuki parlemen hampir 13 tahun yang lalu, Joyce kerap mengisi headline media untuk pandangannya yang terang-terangan dan kontroversial mengenai isu-isu termasuk pengelolaan air, investasi asing, dan kebutuhan Johnny Depp untuk mematuhi undang-undang karantina Australia.

Joyce kembali ke parlemen pada bulan Desember setelah kemenangannya dalam pemilihan khusus. Sebagai perbandingan, McCormack memiliki profil yang kurang disoroti.

“Joyce memiliki profil publik yang sangat tinggi. Mungkin dengan mendapatkan pemimpin partai koalisi junior yang tidak sepopuler Turnbull merupakan hal baik bagi pemerintah,” tambah Ghazarian.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
australia, Malcolm Turnbull

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top