Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Januari 2018, Dana Desa Mulai Cair

Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi memastikan dana desa akan segera cair pada bulan ini, Januari 2018. Jika sebelumnya pencairan dana desa terjadi pada Maret, pemerintah mengklaim telah mempermudah proses pencairan dana desa.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 19 Januari 2018  |  12:55 WIB
Januari 2018, Dana Desa Mulai Cair
Menteri Desa, Pembangunan Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Eko Putro Sandjojo (kiri) menyampaikan paparan dalam paparan publik Festival Iklim 2018 di Jakarta, Selasa (16/1). - JIBI/Felix Jody Kinarwan
Bagikan

Kabar24.com, JAKARTA - Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi memastikan dana desa akan segera cair pada bulan ini, Januari 2018. Jika sebelumnya pencairan dana desa terjadi pada Maret, pemerintah mengklaim telah mempermudah proses pencairan dana desa.

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo mengatakan percepatan pencairan dana desa dilakukan agar dana desa benar-benar memberikan dampak positif bagi percepatan pembangunan kawasan pedesaan.

"Kami sudah melakukan evaluasi dari tahun lalu, untuk tahun ini ada perubahan bentuk untuk lebih mempermudah pencairan dana desa. Kalau tahun lalu baru bisa cair bulan Maret, Agustus atau bahkan ada yang Desember, untuk tahun ini Januari sudah bisa dicairkan,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (19/01/2017).

Hal itu disampaikan Eko ketika menjadi pembicara dalam kegiatan Sarasehan Nasional Mahasiswa dan Masyarakat Desa di Pulau Sumba, yang diselenggarakan Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) di Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat.

Eko menjelaskan upaya mempermudah pencairan dana desa merupakan komitmen pemerintah agar warga desa benar-benar mendapatkan manfaat dari dana desa. Dia mengklaim Dana desa dalam 3 tahun terakhir telah terbukti banyak membantu ketersediaan infrastruktur mulai dari jalan, jembatan, hingga ketersediaan sarana pendidikan anak usia dini (PAUD) dan Posyandu.

“Saya harap dana desa di Sumba Barat bisa dicairkan lebih cepat sebelum 25 Januari sehingga bulan Februari sudah ada pembangunan" tambahnya,

Eko menambahkan pada tahun ini dana desa akan disalurkan melalui tiga tahap yakni Januari, Maret, dan Juli. Nantinya dana desa akan dicairkan secara bertahap di mana bulan Januari sebanyak 20%, Maret sebanyak 40%dan Juli sebanyak 40%.

“Dana desa harus sebisa mungkin digunakan untuk kemakmuran masyarakat. Oleh karena itu jangan pernah gunakan kontraktor untuk mengerjakan proyek yang bersumber dari dana desa,” katanya.

Tidak lupa, Eko meminta penguatan peran kepala daerah maupun kepala desa dalam pengelolaan dana desa. Menurutnya harus ada keselarasan antara bupati dan kepala desa dalam mengarahkan penggunaan dana desa agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Selain itu, kerja sama yang solid antara pemerintah kabupaten dan pemerintah desa dalam mempercepat pencairan dana desa.

“Sukses atau tidaknya setiap desa, tergantung kepala desa dan bupatinya. Saya tantang kadesnya, jangan sampai uangnya sudah sampai di kabupaten, desanya belum siap," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dana desa
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

back to top To top